6 Contoh Permainan untuk Training Karyawan atau Pebisnis
Berikut ini mau saya bagikan kepada anda pembaca setia blog ini yaitu 6 Contoh Permainan untuk Training Karyawan atau Pebisnis. SIapa tahu bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita tentang training karyawan. Semoga berhasil.
Breaking News...!!
Ini yang Anda Butuhkan
Mau tahu cara turun berat badan sampai 18 kg? Konsumsi LVN Slim setiap hari. Pelangsing Badan Herbal Alami & Aman. Menguruskan dan Menurunkan Berat Badan dengan Cepat KLIK DISINI
Belum Bangun Aja Udah Jadi Naga, Apalagi Udah Bangun? Ecomaxx Coffee Solusi Stamina dan Kejantanan Pria Dewasa. 100% produk herbal alami berkualitas. AMAN & LEGAL, BPOM RI KLIK DISINI
--------------------------------
6 Contoh Permainan untuk Training Karyawan atau Pebisnis
Dalam sebuah training biasanya ada games atau permainan untuk melatih sesuatu atau untuk tujuan tertentu. Permainan atau games yang dimaksudkan sebagai studi kasus ketika ada masalah tertentu di perusahaan atau pekerjaaan.
Nah berikut ini ada 6 Contoh Permainan untuk Training Karyawan atau Pebisnis, yang barangkali bisa menjadi referensi anda didalam training karyawan atau pebisnis.
Cek it dot ya?
Permainan untuk Training 1: Pasar Loak
Garis besar Peserta memilih sebuah benda di atas meja dan memberitahukan kepada peserta mengapa mereka memilih benda tersebut.
Tujuan
Agar peserta saling mengenal satu sama lain.
Waktu yang dibutuhkan 10 menit ditambah 1-2 menit untuk setiap peserta. Jumlah peserta Paling banyak 16 orang, lebih dari itu akan memakan waktu lama. Materi yang dibutuhkan Sebuah meja dengan barang-barang pilihan yang biasa terdapat di pasar loak atau laci/lemari barang-barang rongsokan. Jumlah barang harus lebih banyak daripada jumlah peserta. Karton besar atau kain yang lebar dibutuhkan untuk menutupi semua barang sebelum latihan dimulai.
Prosedur
1. Letakkan barang-barang di atas meja dan tutupi dengan kain sebelum peserta memasuki ruangan.
2. Beritahukan peserta bahwa ketika kain penutup dibuka, mereka maju ke depan dan memilih sebuah benda di atas meja yang karena alasan tertentu menarik minat mereka.
3. Setelah semua orang, telah memilih benda, mereka harus memperkenalkan diri mereka dan menyatakan mengapa benda tersebut menarik bagi mereka.
Poin diskusi
1. Apakah ada yang memperhatikan bahwa beberapa barang yang dipilih sesuai dengan orang yang memilihnya?
2. Adakah yang memperhatikan bahwa sebuah benda kelihatan lebih sesuai untuk peserta yang lain? Mengapa?
Variasi
Mintalah seorang peserta memperkenalkan dirinya kepada peserta. Kemudian suruh peserta yang lain memilih sebuah benda di atas meja yang dirasa sesuai dengan peserta yang baru saja memperkenalkan dirinya. Tanyakan kepada mereka mengapa mereka mengasosiasikannya dengan benda itu. ulangi untuk setiap orang dalam kelompok.
-------------------------------------------
Permainan untuk Training 2: Siap Tempur
Garis besar Naskah ini dirancang bagi peserta untuk meninggalkan semua kekhawatiran mereka di luar ruangan pelatihan.
Tujuan
1. Agar peserta siap belajar.
2. Mempernalkan latihan sederhana penghilang stress.
Waktu yang dibutuhkan 10-15 menit. Jumlah peserta Tidak dibatasi. Materi yang dibutuhkan Selembar fotocopy ‗Naskah penuntun fantasi Siap tempur‘.
Prosedur
1. Katakan kepada peserta agar mencari posisi yang enak untuk latihan ini dan menutup mata mereka.
2. Mintalah anggota kelompok mengambil nafasdalam-dalam kemudian bacalah naskah perlahan-lahan untuk mereka.
Poin diskusi
1. Adakah yangmau mendeskripsikan kotak mereka kepada peserta lain?
2. Berhasilkah latihan ini? Mengapa?
3. Dapatkah ini diterapkan di lingkungan pekerjaan atau di rumah?
4. Apakah setiap orang terkejut menyadari bahwa mereka memiliki kekuatan untuk menghentikan kekhawatiran mereka dengan latihan yang sederhana?
Variasi
1. Di akhir latihan mintalah setiap orang menggambar ‗kotak‘ mereka dan menunjukkannya kepada peserta lain.
2. Rekamlah naskah ini pada sebuah kaset dengan musik pengiring.
Naskah petunjuk fantasi Siap tempur (untuk dibaca pelan-pelan)
Saya ingin Anda dalam beberapa menit memfokuskan pikiran Anda pada macam-macam kecemasan, hal-hal yang memenuhi pikiran dan kekhawatiran yang Anda bawa ke tempat ini hari ini.
Mungkin ada banyak hal-hal di pikiran Anda: apakah Anda ingat harus mematikan termos listrik pagi ini sebelum Anda meninggalkan rumah, (berhenti) mungkin percakapan yang belum selesai dengan seseorang, (berhenti) mungkin Anda sedang memikirkan hal-hal yang mesti Anda kerjakan sepulangnya Anda dari sini, (berhenti) atau hal-hal yang harus Anda kerjakan di kantor besok.
Silahkan merenung sebentar untuk benar-benar fokus pada kecemasan-kecamasan ini sekarang, (berhenti) dan buatlah daftar dalam pikiran Anda. Daftar kecemasan yang telah Anda buat menyita energi Anda.
Kecemasan ini mencegah Anda untuk sepenuhnya hadir di tempat ini secara lahir batin. Bisa jadi tidak ada satupun yang dapat Anda lakukan selama (jam/menit) ke depan atas kecemasan ini, selain khawatir, (berhenti) dan hal itu akan mengalihkan pikiran dan perhatikan Anda dari apa-apa yang dapat Anda pelajari di tempat ini, (berhenti) jadi biarkan kekhawatiran itu pergi untuk sementara.
Saya ingin Anda menciptakan sebuah kotak di dalam pikiran Anda, (berhenti) dengan penutup di atasnya, (berhenti) dan sebuah gembok serta sebuah kunci. (berhenti) Kotak ini bisa berukuran dan berbentuk apa saja sesuai keinginan Anda, (berhenti) tapi harus cukup besar dan kuat untuk menampung segala kecemasan yang telah Anda kenali. (berhenti) Kotak ini sekarang berada di hadapan Anda dengan tutup terbuka.
Sekarang Saya ingin Anda memasukkan setiap kecemasan Anda kedalam kotak tersebut, satu per satu, (berhenti) pastikan bahwa semuanya telah masuk. (berhenti) Sambil Anda melakukan ini semua, katakan kepada diri Anda sendiri, ―Tidak ada yang bisa saya lakukan terhadap hal ini sekarang, (berhenti) maka Saya akan membuang kecemasan saya di dalam kotak ini, menguncinya selama saya berada di sini, (berhenti) dan saya tahu bahwa saya dapat kembali lagi nanti dan mengatasi semua kecemasan saya.
Sekarang apabila Anda telah menaruh semua hal-hal yang memenuhi pikiran serta kecemasan-kecemasan Anda ke dalam kotak tersebut, Saya ingin Anda menutup kotak itu dan menggemboknya. (berhenti) sekarang Saya ingin Anda meletakkan kunci kotak itu di dalam saku baju Anda atau di tempat penyimpangan lain, (berhenti) dan ingat bahwa di akhir program ini, Anda dapat membuka gembok kotak Anda dengan kunci yang Anda miliki dan membawanya pulang.
Setelah Anda siap, Saya ingin Anda secara perlahan-lahan membuka mata Anda dan kembali kemari.
Permainan untuk Training 3: Ide-ide Baru
Garis besar
Peserta diberikan suatu masalah untuk dipikirkan dan dipecahkan. Ide-ide yang muncul dinilai oleh anggota kelompok lainnya. Tujuan
1. Mendorong partisipasi peserta.
2. Membuat peserta berpikir dan berbicara tentang masalah-masalah yang umum.
Waktu yang dibutuhkan 5 menit ditambah 2-5 menit untuk setiap peserta. Jumlah peserta Tidak dibatasi, tapi perlu dibentuk subkelompok jika terdapat lebih dari 20 peserta. Materi yang dibutuhkan 3 set kartu nilai (kartu yang bertuliskan angka 1-10).
Prosedur
1. Di bagian akhir hari pertama, berikan suatu masalah kepada peserta untuk dipikirkan dan mintalah mereka memberikan solusi keesokan paginya. Masalah tersebut sebaiknya relevan dengan semua peserta. Akan berjalan lebih baik jika kisaran topiknya merupakan bagian dari presentasi hari kedua.
2. Di awal hari kedua pilihlah 3 orang juri dan kelompok tersebut dan berikan masing-masing satu set kartu nilai. Tempatkan mereka di depan ruangan.
3. Peserta kemudian harus memberikan satu solusi secara bergiliran. Setelah peserta mengemukakan idenya para juri menunjukkan kartu yang mereka pilih sebagai nilai untuk ide tersebut, 10 adalah penghargaan tertinggi dari masing-masing juri.
4. Setelah seluruh peserta telah memberikan solusi mereka, cek nilai dan umumkan pemenangnya.
Poin diskusi
1. Siapa yang memperoleh solusi baru yang tidak dipertimbangkan sebelumnya?
2. Pada saat orang mendengar solusi dari peserta lain, apakah mereka berpikir tentang solusi atau cara lain yang mungkin dapat memperbaiki ide-ide mereka?
Variasi
dapat dibentuk beberapa tim dan berikan masalah yang berbeda untuk dipecahka. Ketika masing-masing tim mempresentasikan solusinya, tim yang lain menilai solusi yang diajukan.
Permainan untuk Training 4: Saya adalah …
Garis besar
Peserta menulis hal-hal tentangmereka untuk dilihat oleh anggota kelompok lainnya. Icebreaker ini dapat digunakan di awal pelatihan dimana para peserta tidak saling mengenal.
Tujuan
1. Mendorong partisipasi peserta.
2. Agar peserta saling mengenal satu sama lain.
Waktu yang dibutuhkan 30-40 menit Jumlah peserta Tidak dibatasi. Materi yang dibutuhkan Selembar kertas untuk setiap peserta dengan tulisan ‗Saya adalah …‘ di atasnya. Sebuah pulpen untuk masing-masing peserta dan selotip atau peniti untuk memasang kertas itu di depan kaos atau baju peserta.
Prosedur
1. Bagikan kertas bertuliskan ‗Saya adalah …‘ dan pulpen untuk masing-masing peserta.
2. Beritahukan kepada peserta mereka memiliki waktu 10 menit untuk menulis 10 jawaban pertanyaan tersebut.
3. Setelah waktu persiapan habis, mintalah peserta untuk memasang kertas tersebut di depan kaos atau baju mereka kemudian berjalan mengelilingi ruangan sambil membaca kertas peserta lainnya. Tahap ini dilakukan tanpa bersuara.
4. Setelah 10 menit para peserta diminta untuk berbicara dengan orang yang memiliki kertas yang kelihatannya menarik atau mereka boleh mengajukan pertanyaan yang mungkin muncul pada saat membaca lembaran tersebut.
Poin diskusi
1. Apakah ada seseorang yang menemukan orang dengan jawaban yang sama dengannya?
2. Apakah orang merasa terancam menuliskan informasi tersebut dikarenakan orang lain akan membacanya?
Variasi
1. kalimat lain seperti ‗Saya ingin menjadi …‘, atau ‘10 hal yang saya sukai dari diri saya adalah …‘ dapat digunakan.
2. Langkah 3 bisa dihapus.
--------------------
Intermezzo sejenak
Rekomendasi Peluang bisnis booming 2019
Luar biasa saya bisa meraih motor dalam 3 minggu dan mobil dalam 6 mingguan. Khabar baiknya anda juga bisa. Sudah saya siapkan spesial untuk anda program meraih mobil gratis dalam 6 bulan saja. Mau? KLIK DISINI
Reseller Kopi Koka. Bisnis variasi Kopi tidak akan pernah ada matinya. Penikmat kopi akan menyambar apapun yang berbau kopi. Pengharum kopi, parfum kopi, sabun kopi, tasbih kopi, gelang kopi dll. Kopi koka open reseller KLIK DISINI.
SMASH Program, program percepatan meraih mocash mobil cash dan rumah 1 milyard dari bisnis Sinergy Eco Racing dalam 6 bulan atau kurang. Sudah terbukti dan teruji. KLIK www.smash-program.com
------------------------
Permainan untuk Training 5: Mengatakan Kebohongan
Garis besar
Latihan ini memberikan peluang kepada peserta untuk saling mengenal lebih baik.
Tujuan
1. Memperkenalkan peserta satu sama lain.
2. Memberikan kesempatan pada peserta untuk saling mengetahui satu sama lain.
3. Menghidupkan suasana setelah istirahat makan siang.
Waktu yang dibutuhkan 10-30 menit, tergantung jumlah peserta.
Jumlah peserta Tidak dibatasi.
Materi yang dibutuhkan Sebuah kado
Prosedur
1. Informasikan kepada anggota kelompok bahwa mereka akan memperkenalkan diri mereka, secara bergantian, kepada anggota kelompok lainnya. Perkenalan ini harus menyebutkan nama, jabatan, minat, hobi, dan lain-lain. Katakan kepada mereka bahwa salah satu dari mereka dalam perkenalan itu harus merupakan kebohongan.
2. Peserta segera memperkenalkan diri setelah fasilitator mulai. Setiap kali perkenalan, peserta harus memutuskan bagian mana dari informasi tersebut yang merupakan kebohongan.
3. Setelah semua orang selesai, mintalah peserta untuk memilih satu kebohongan paling baik atau paling imajinatif. Berikan sebuah kado kecil kepada pemenangnya.
Poin diskusi
1. Kebohongan yang mana yang terbaik? Mengapa?
2. Apakah mudah untuk mengetahui kapan seseorang berbohong?
3. Mengapa ada sebagian orang yang lebih meyakinkan daripada yang lain?
Variasi
Menebak kebohongan peserta dapat dilakukan setelah semua orang memperkenalkan diri mereka, atau di akhir pelatihan. Ini berarti mau tidak mau semua peserta harus membuat catatan.
Permainan untuk Training 6: AAA Manajemen Stress
Garis besar
Latihan ini membahas salah satu tekhnik manajemen stress.
Tujuan
1. Menemukan metode manajemen stress.
2. Menerapkan tekhnik tersebut ke dalam situasi yang penuh tekanan (stress).
Waktu yang dibutuhkan 30 menit. Jumlah peserta Tidak dibatasi. Materi yang dibutuhkan 2 ‗Formulir AAA Manajemen Stress‘ dan sebuah pulpen untuk masing-masing peserta..
Prosedur
1. Tanyakan beberapa contoh tekhnik manajemen stress. Diskusikan dengan ringkas.
2. Beritahukan peserta tentang 3 A yang digunakan di dalam manajemen stress. Yaitu Alter (mengubah), Avoid (menghindari) dan Accept (menerima). Diskusikan ketiga tekhnik ini dengan peserta. (Fasilitator memberikan informasi berdasarkan ‗Formulir AAA Manajemen Stress‘).
3. Bagikan ‗Formulir AAA Manajemen Stress‘.
4. Bacakan skenario berikut untuk peserta: ―Anda baru saja dipindahkan ke jabatan baru di bagian baru organisasi Anda. Penyelia Anda yang baru kelihatannya tidak suka pada Anda. Mereka selalu membri Anda semua ‗pkerjaan kotor‘ dan menghindari Anda. Satu-satunya feedback yang Anda peroleh dari mereka hanyalah apabila Anda tidak melakukan pekerjaan dengan benar. Penyelia jelas berpikir bahwa Anda tidak mampu melakukan pekerjaan dengan baik.‖
5. Mintalah kepada seluruh peserta menggunakan ‗Formulir AAA Manajemen Stress‘ untuk skenario ini.
6. Setelah para peserta selesai mengisi formulir, mereka harus berbicara dengan pasangannya mengapa mereka merekomendasikan apa yang mereka lakukan sebagai pilihan terbaik.
7. Setelah diskusi ini, ambillah 2 atau 3 ide terbaik dari seluruh peserta.
8. Sekarang berikan waktu 10 menit kepada masing-masing peserta untuk memikirkan situasi yang penuh tekanan yang saat ini mereka hadapi di rumah. Kemudian mereka harus menggunakan ‗Formulir AAA Manajemen Stress‘ untuk melihat apakah mereka bisa menghasilkan pilihan bagi diri mereka sendiri.
9. Di akhir sesi ini ajaklah mereka untuk meletakkan formulir itu di dalam kantong atau tas sebagai referensi pada saat mereka pulang ke rumah. Sesampainya di sana mereka harus menerapkan pilihan terbaik.
10. Tanyakan kepada para peserta di sesi berikutnya apakah solusi mereka berhasil atau tidak. Jika mungkin, mintalah paling sedikit 2 orang untuk memberitahukan kepada kelompoknya bagaimana mereka mengurangi stress dengan menggunakan pilihan terbaik mereka.
Poin diskusi
1. Apakah ada anggota kelompok yang menggunakan tekhnik yang sama? Berhasilkah tekhnik tersebut bagi mereka?
2. Mungkinkah masing-masing orang memiliki pilihan berbeda untuk situasi penuh tekanan yang sama? Mengapa?
Variasi
1. Fasilitator sebaiknya menulis skenario yang relevan dengan kebutuhan peserta.
2. Peserta dapat dibagi menjadi kelompok yang lebih kecil dan diberikan skenario yang berbeda-beda.
Download 100 Games untuk Training
Selengkapnya silahkan Download 100 Games untuk Training. Klik link dibawah ini.
File pdf
164 halaman
Klik dan download
https://drive.google.com/file/d/1gXlHMedj8oHOcu52ETNaahBZzLBS5BZR/view?usp=sharing
Demikian 6 Contoh Permainan untuk Training Karyawan atau Pebisnis. Semoga bermanfaat. Share artikel 6 Contoh Permainan untuk Training Karyawan atau Pebisnis ini ke teman anda ya?
Sukses
Gambar dari google
Ini yang Anda Butuhkan
Mau tahu cara turun berat badan sampai 18 kg? Konsumsi LVN Slim setiap hari. Pelangsing Badan Herbal Alami & Aman. Menguruskan dan Menurunkan Berat Badan dengan Cepat KLIK DISINI
Belum Bangun Aja Udah Jadi Naga, Apalagi Udah Bangun? Ecomaxx Coffee Solusi Stamina dan Kejantanan Pria Dewasa. 100% produk herbal alami berkualitas. AMAN & LEGAL, BPOM RI KLIK DISINI
--------------------------------
6 Contoh Permainan untuk Training Karyawan atau Pebisnis
Dalam sebuah training biasanya ada games atau permainan untuk melatih sesuatu atau untuk tujuan tertentu. Permainan atau games yang dimaksudkan sebagai studi kasus ketika ada masalah tertentu di perusahaan atau pekerjaaan.
Nah berikut ini ada 6 Contoh Permainan untuk Training Karyawan atau Pebisnis, yang barangkali bisa menjadi referensi anda didalam training karyawan atau pebisnis.
Cek it dot ya?
Permainan untuk Training 1: Pasar Loak
Garis besar Peserta memilih sebuah benda di atas meja dan memberitahukan kepada peserta mengapa mereka memilih benda tersebut.
Tujuan
Agar peserta saling mengenal satu sama lain.
Waktu yang dibutuhkan 10 menit ditambah 1-2 menit untuk setiap peserta. Jumlah peserta Paling banyak 16 orang, lebih dari itu akan memakan waktu lama. Materi yang dibutuhkan Sebuah meja dengan barang-barang pilihan yang biasa terdapat di pasar loak atau laci/lemari barang-barang rongsokan. Jumlah barang harus lebih banyak daripada jumlah peserta. Karton besar atau kain yang lebar dibutuhkan untuk menutupi semua barang sebelum latihan dimulai.
Prosedur
1. Letakkan barang-barang di atas meja dan tutupi dengan kain sebelum peserta memasuki ruangan.
2. Beritahukan peserta bahwa ketika kain penutup dibuka, mereka maju ke depan dan memilih sebuah benda di atas meja yang karena alasan tertentu menarik minat mereka.
3. Setelah semua orang, telah memilih benda, mereka harus memperkenalkan diri mereka dan menyatakan mengapa benda tersebut menarik bagi mereka.
Poin diskusi
1. Apakah ada yang memperhatikan bahwa beberapa barang yang dipilih sesuai dengan orang yang memilihnya?
2. Adakah yang memperhatikan bahwa sebuah benda kelihatan lebih sesuai untuk peserta yang lain? Mengapa?
Variasi
Mintalah seorang peserta memperkenalkan dirinya kepada peserta. Kemudian suruh peserta yang lain memilih sebuah benda di atas meja yang dirasa sesuai dengan peserta yang baru saja memperkenalkan dirinya. Tanyakan kepada mereka mengapa mereka mengasosiasikannya dengan benda itu. ulangi untuk setiap orang dalam kelompok.
-------------------------------------------
Pesan sponsor
Alhamdulillah saya bisa meraih mobil cash tanpa nyicil hanya dalam waktu 6 mingguan. Saya sudah siapkan program untuk anda juga bisa mendapatkannya dalam 6 bulan atau kurang atau uang kembali. Penasaran? KLIK DISINI
Yuk ikut saya gabung bisnis sinergy eco racing, cara termudah dan tercepat mendapatkan mobil idaman keluarga anda. KLIK www.otobest.id
Yuk ikut saya gabung bisnis sinergy eco racing, cara termudah dan tercepat mendapatkan mobil idaman keluarga anda. KLIK www.otobest.id
Baca dan pelajari baik2 sebelum gabung..
----------------------------------------------
Permainan untuk Training 2: Siap Tempur
Garis besar Naskah ini dirancang bagi peserta untuk meninggalkan semua kekhawatiran mereka di luar ruangan pelatihan.
Tujuan
1. Agar peserta siap belajar.
2. Mempernalkan latihan sederhana penghilang stress.
Waktu yang dibutuhkan 10-15 menit. Jumlah peserta Tidak dibatasi. Materi yang dibutuhkan Selembar fotocopy ‗Naskah penuntun fantasi Siap tempur‘.
Prosedur
1. Katakan kepada peserta agar mencari posisi yang enak untuk latihan ini dan menutup mata mereka.
2. Mintalah anggota kelompok mengambil nafasdalam-dalam kemudian bacalah naskah perlahan-lahan untuk mereka.
Poin diskusi
1. Adakah yangmau mendeskripsikan kotak mereka kepada peserta lain?
2. Berhasilkah latihan ini? Mengapa?
3. Dapatkah ini diterapkan di lingkungan pekerjaan atau di rumah?
4. Apakah setiap orang terkejut menyadari bahwa mereka memiliki kekuatan untuk menghentikan kekhawatiran mereka dengan latihan yang sederhana?
Variasi
1. Di akhir latihan mintalah setiap orang menggambar ‗kotak‘ mereka dan menunjukkannya kepada peserta lain.
2. Rekamlah naskah ini pada sebuah kaset dengan musik pengiring.
Naskah petunjuk fantasi Siap tempur (untuk dibaca pelan-pelan)
Saya ingin Anda dalam beberapa menit memfokuskan pikiran Anda pada macam-macam kecemasan, hal-hal yang memenuhi pikiran dan kekhawatiran yang Anda bawa ke tempat ini hari ini.
Mungkin ada banyak hal-hal di pikiran Anda: apakah Anda ingat harus mematikan termos listrik pagi ini sebelum Anda meninggalkan rumah, (berhenti) mungkin percakapan yang belum selesai dengan seseorang, (berhenti) mungkin Anda sedang memikirkan hal-hal yang mesti Anda kerjakan sepulangnya Anda dari sini, (berhenti) atau hal-hal yang harus Anda kerjakan di kantor besok.
Silahkan merenung sebentar untuk benar-benar fokus pada kecemasan-kecamasan ini sekarang, (berhenti) dan buatlah daftar dalam pikiran Anda. Daftar kecemasan yang telah Anda buat menyita energi Anda.
Kecemasan ini mencegah Anda untuk sepenuhnya hadir di tempat ini secara lahir batin. Bisa jadi tidak ada satupun yang dapat Anda lakukan selama (jam/menit) ke depan atas kecemasan ini, selain khawatir, (berhenti) dan hal itu akan mengalihkan pikiran dan perhatikan Anda dari apa-apa yang dapat Anda pelajari di tempat ini, (berhenti) jadi biarkan kekhawatiran itu pergi untuk sementara.
Saya ingin Anda menciptakan sebuah kotak di dalam pikiran Anda, (berhenti) dengan penutup di atasnya, (berhenti) dan sebuah gembok serta sebuah kunci. (berhenti) Kotak ini bisa berukuran dan berbentuk apa saja sesuai keinginan Anda, (berhenti) tapi harus cukup besar dan kuat untuk menampung segala kecemasan yang telah Anda kenali. (berhenti) Kotak ini sekarang berada di hadapan Anda dengan tutup terbuka.
Sekarang Saya ingin Anda memasukkan setiap kecemasan Anda kedalam kotak tersebut, satu per satu, (berhenti) pastikan bahwa semuanya telah masuk. (berhenti) Sambil Anda melakukan ini semua, katakan kepada diri Anda sendiri, ―Tidak ada yang bisa saya lakukan terhadap hal ini sekarang, (berhenti) maka Saya akan membuang kecemasan saya di dalam kotak ini, menguncinya selama saya berada di sini, (berhenti) dan saya tahu bahwa saya dapat kembali lagi nanti dan mengatasi semua kecemasan saya.
Sekarang apabila Anda telah menaruh semua hal-hal yang memenuhi pikiran serta kecemasan-kecemasan Anda ke dalam kotak tersebut, Saya ingin Anda menutup kotak itu dan menggemboknya. (berhenti) sekarang Saya ingin Anda meletakkan kunci kotak itu di dalam saku baju Anda atau di tempat penyimpangan lain, (berhenti) dan ingat bahwa di akhir program ini, Anda dapat membuka gembok kotak Anda dengan kunci yang Anda miliki dan membawanya pulang.
Setelah Anda siap, Saya ingin Anda secara perlahan-lahan membuka mata Anda dan kembali kemari.
Permainan untuk Training 3: Ide-ide Baru
Garis besar
Peserta diberikan suatu masalah untuk dipikirkan dan dipecahkan. Ide-ide yang muncul dinilai oleh anggota kelompok lainnya. Tujuan
1. Mendorong partisipasi peserta.
2. Membuat peserta berpikir dan berbicara tentang masalah-masalah yang umum.
Waktu yang dibutuhkan 5 menit ditambah 2-5 menit untuk setiap peserta. Jumlah peserta Tidak dibatasi, tapi perlu dibentuk subkelompok jika terdapat lebih dari 20 peserta. Materi yang dibutuhkan 3 set kartu nilai (kartu yang bertuliskan angka 1-10).
Prosedur
1. Di bagian akhir hari pertama, berikan suatu masalah kepada peserta untuk dipikirkan dan mintalah mereka memberikan solusi keesokan paginya. Masalah tersebut sebaiknya relevan dengan semua peserta. Akan berjalan lebih baik jika kisaran topiknya merupakan bagian dari presentasi hari kedua.
2. Di awal hari kedua pilihlah 3 orang juri dan kelompok tersebut dan berikan masing-masing satu set kartu nilai. Tempatkan mereka di depan ruangan.
3. Peserta kemudian harus memberikan satu solusi secara bergiliran. Setelah peserta mengemukakan idenya para juri menunjukkan kartu yang mereka pilih sebagai nilai untuk ide tersebut, 10 adalah penghargaan tertinggi dari masing-masing juri.
4. Setelah seluruh peserta telah memberikan solusi mereka, cek nilai dan umumkan pemenangnya.
Poin diskusi
1. Siapa yang memperoleh solusi baru yang tidak dipertimbangkan sebelumnya?
2. Pada saat orang mendengar solusi dari peserta lain, apakah mereka berpikir tentang solusi atau cara lain yang mungkin dapat memperbaiki ide-ide mereka?
Variasi
dapat dibentuk beberapa tim dan berikan masalah yang berbeda untuk dipecahka. Ketika masing-masing tim mempresentasikan solusinya, tim yang lain menilai solusi yang diajukan.
Permainan untuk Training 4: Saya adalah …
Garis besar
Peserta menulis hal-hal tentangmereka untuk dilihat oleh anggota kelompok lainnya. Icebreaker ini dapat digunakan di awal pelatihan dimana para peserta tidak saling mengenal.
Tujuan
1. Mendorong partisipasi peserta.
2. Agar peserta saling mengenal satu sama lain.
Waktu yang dibutuhkan 30-40 menit Jumlah peserta Tidak dibatasi. Materi yang dibutuhkan Selembar kertas untuk setiap peserta dengan tulisan ‗Saya adalah …‘ di atasnya. Sebuah pulpen untuk masing-masing peserta dan selotip atau peniti untuk memasang kertas itu di depan kaos atau baju peserta.
Prosedur
1. Bagikan kertas bertuliskan ‗Saya adalah …‘ dan pulpen untuk masing-masing peserta.
2. Beritahukan kepada peserta mereka memiliki waktu 10 menit untuk menulis 10 jawaban pertanyaan tersebut.
3. Setelah waktu persiapan habis, mintalah peserta untuk memasang kertas tersebut di depan kaos atau baju mereka kemudian berjalan mengelilingi ruangan sambil membaca kertas peserta lainnya. Tahap ini dilakukan tanpa bersuara.
4. Setelah 10 menit para peserta diminta untuk berbicara dengan orang yang memiliki kertas yang kelihatannya menarik atau mereka boleh mengajukan pertanyaan yang mungkin muncul pada saat membaca lembaran tersebut.
Poin diskusi
1. Apakah ada seseorang yang menemukan orang dengan jawaban yang sama dengannya?
2. Apakah orang merasa terancam menuliskan informasi tersebut dikarenakan orang lain akan membacanya?
Variasi
1. kalimat lain seperti ‗Saya ingin menjadi …‘, atau ‘10 hal yang saya sukai dari diri saya adalah …‘ dapat digunakan.
2. Langkah 3 bisa dihapus.
--------------------
Intermezzo sejenak
Rekomendasi Peluang bisnis booming 2019
Luar biasa saya bisa meraih motor dalam 3 minggu dan mobil dalam 6 mingguan. Khabar baiknya anda juga bisa. Sudah saya siapkan spesial untuk anda program meraih mobil gratis dalam 6 bulan saja. Mau? KLIK DISINI
Reseller Kopi Koka. Bisnis variasi Kopi tidak akan pernah ada matinya. Penikmat kopi akan menyambar apapun yang berbau kopi. Pengharum kopi, parfum kopi, sabun kopi, tasbih kopi, gelang kopi dll. Kopi koka open reseller KLIK DISINI.
SMASH Program, program percepatan meraih mocash mobil cash dan rumah 1 milyard dari bisnis Sinergy Eco Racing dalam 6 bulan atau kurang. Sudah terbukti dan teruji. KLIK www.smash-program.com
------------------------
Permainan untuk Training 5: Mengatakan Kebohongan
Garis besar
Latihan ini memberikan peluang kepada peserta untuk saling mengenal lebih baik.
Tujuan
1. Memperkenalkan peserta satu sama lain.
2. Memberikan kesempatan pada peserta untuk saling mengetahui satu sama lain.
3. Menghidupkan suasana setelah istirahat makan siang.
Waktu yang dibutuhkan 10-30 menit, tergantung jumlah peserta.
Jumlah peserta Tidak dibatasi.
Materi yang dibutuhkan Sebuah kado
Prosedur
1. Informasikan kepada anggota kelompok bahwa mereka akan memperkenalkan diri mereka, secara bergantian, kepada anggota kelompok lainnya. Perkenalan ini harus menyebutkan nama, jabatan, minat, hobi, dan lain-lain. Katakan kepada mereka bahwa salah satu dari mereka dalam perkenalan itu harus merupakan kebohongan.
2. Peserta segera memperkenalkan diri setelah fasilitator mulai. Setiap kali perkenalan, peserta harus memutuskan bagian mana dari informasi tersebut yang merupakan kebohongan.
3. Setelah semua orang selesai, mintalah peserta untuk memilih satu kebohongan paling baik atau paling imajinatif. Berikan sebuah kado kecil kepada pemenangnya.
Poin diskusi
1. Kebohongan yang mana yang terbaik? Mengapa?
2. Apakah mudah untuk mengetahui kapan seseorang berbohong?
3. Mengapa ada sebagian orang yang lebih meyakinkan daripada yang lain?
Variasi
Menebak kebohongan peserta dapat dilakukan setelah semua orang memperkenalkan diri mereka, atau di akhir pelatihan. Ini berarti mau tidak mau semua peserta harus membuat catatan.
Permainan untuk Training 6: AAA Manajemen Stress
Garis besar
Latihan ini membahas salah satu tekhnik manajemen stress.
Tujuan
1. Menemukan metode manajemen stress.
2. Menerapkan tekhnik tersebut ke dalam situasi yang penuh tekanan (stress).
Waktu yang dibutuhkan 30 menit. Jumlah peserta Tidak dibatasi. Materi yang dibutuhkan 2 ‗Formulir AAA Manajemen Stress‘ dan sebuah pulpen untuk masing-masing peserta..
Prosedur
1. Tanyakan beberapa contoh tekhnik manajemen stress. Diskusikan dengan ringkas.
2. Beritahukan peserta tentang 3 A yang digunakan di dalam manajemen stress. Yaitu Alter (mengubah), Avoid (menghindari) dan Accept (menerima). Diskusikan ketiga tekhnik ini dengan peserta. (Fasilitator memberikan informasi berdasarkan ‗Formulir AAA Manajemen Stress‘).
3. Bagikan ‗Formulir AAA Manajemen Stress‘.
4. Bacakan skenario berikut untuk peserta: ―Anda baru saja dipindahkan ke jabatan baru di bagian baru organisasi Anda. Penyelia Anda yang baru kelihatannya tidak suka pada Anda. Mereka selalu membri Anda semua ‗pkerjaan kotor‘ dan menghindari Anda. Satu-satunya feedback yang Anda peroleh dari mereka hanyalah apabila Anda tidak melakukan pekerjaan dengan benar. Penyelia jelas berpikir bahwa Anda tidak mampu melakukan pekerjaan dengan baik.‖
5. Mintalah kepada seluruh peserta menggunakan ‗Formulir AAA Manajemen Stress‘ untuk skenario ini.
6. Setelah para peserta selesai mengisi formulir, mereka harus berbicara dengan pasangannya mengapa mereka merekomendasikan apa yang mereka lakukan sebagai pilihan terbaik.
7. Setelah diskusi ini, ambillah 2 atau 3 ide terbaik dari seluruh peserta.
8. Sekarang berikan waktu 10 menit kepada masing-masing peserta untuk memikirkan situasi yang penuh tekanan yang saat ini mereka hadapi di rumah. Kemudian mereka harus menggunakan ‗Formulir AAA Manajemen Stress‘ untuk melihat apakah mereka bisa menghasilkan pilihan bagi diri mereka sendiri.
9. Di akhir sesi ini ajaklah mereka untuk meletakkan formulir itu di dalam kantong atau tas sebagai referensi pada saat mereka pulang ke rumah. Sesampainya di sana mereka harus menerapkan pilihan terbaik.
10. Tanyakan kepada para peserta di sesi berikutnya apakah solusi mereka berhasil atau tidak. Jika mungkin, mintalah paling sedikit 2 orang untuk memberitahukan kepada kelompoknya bagaimana mereka mengurangi stress dengan menggunakan pilihan terbaik mereka.
Poin diskusi
1. Apakah ada anggota kelompok yang menggunakan tekhnik yang sama? Berhasilkah tekhnik tersebut bagi mereka?
2. Mungkinkah masing-masing orang memiliki pilihan berbeda untuk situasi penuh tekanan yang sama? Mengapa?
Variasi
1. Fasilitator sebaiknya menulis skenario yang relevan dengan kebutuhan peserta.
2. Peserta dapat dibagi menjadi kelompok yang lebih kecil dan diberikan skenario yang berbeda-beda.
Download 100 Games untuk Training
Selengkapnya silahkan Download 100 Games untuk Training. Klik link dibawah ini.
File pdf
164 halaman
Klik dan download
https://drive.google.com/file/d/1gXlHMedj8oHOcu52ETNaahBZzLBS5BZR/view?usp=sharing
Demikian 6 Contoh Permainan untuk Training Karyawan atau Pebisnis. Semoga bermanfaat. Share artikel 6 Contoh Permainan untuk Training Karyawan atau Pebisnis ini ke teman anda ya?
Sukses
Stop..!!. Bisnis Reseller Tanpa Modal, Produk Organik Alami Back to Nature, Potensi Jutaan Seminggu Pendaftaran Gratis Mau? SELENGKAPNYA KLIK DISINI
6 Contoh Permainan untuk Training Karyawan atau Pebisnis
Reviewed by Adhin Busro
on
05.48
Rating:
Post a Comment