Download Cara Mengatur Cashflow untuk Pedagang Grosir, Agen & Distributor Biar tidak Rugi

Jika anda adalah distributor, agen atau pedagang grosir wajib belajar nih. Yaitu bagaimana mengatur cashflow atau perputaran uang biar bisnis tidak merugi. Silahkan Download Cara Mengatur Cashflow untuk Pedagang Grosir, Agen & Distributor Biar tidak Rugi. Judul aslinya Ebook Rahasia Cashflow Distributor.pdf.


Download Cara Mengatur Cashflow untuk Pedagang Grosir, Agen & Distributor Biar tidak Rugi


Mengapa Perlu Mengatur Cashflow?

Sebab para distributor atau pedagang grosir yang merugi biasanya bukan karena kehabisan produk tetapi karena kurang bisa memanajemen uang cash. Sehingga pada akhirnya uang untuk belanja produk dari produses habis.

Bagi para agen jangan lupa quote ini ya?

"Profit is King but Cash is Queen"


Artinya keduanya harus berjalan beriringan. Tidak boleh mengejar profit sementara kehilangan cash. Gak boleh juga menumpuk cash sehingga profit minim. Harus seimbang. Sebab tidak ada raja yang bisa hidup tanpa ratu. Ada raja maka wajib ada ratu. Begitu kira2 analoginya.

Kalau dalam manajemen keuangan distributor atau agen maka profit adalah keuntungan yang anda peroleh. Keuntungan bersih yang bisa anda nikmati bersama keluarga anda. Sementara cash adalah modal dan operasional. Untuk bayar listrik, sewa kantor, bayar karyawan, beli bahan baku dll itu berasal dari cash.

Jadi ketika profit anda besar namun cashnya kacau maka perusahaan anda juga akan kacau. Ingat ya? Manajemen cashflow sangat penting pake banget. Jangan dinomor duakan.

Lalu kenapa biasanya cashflow macet?

Ada 2 alasan. Yang pertama adalah manajemen stock yang salah, dan yang kedua adalah piutang yang macet.

Manajemen stock atau sering disebut pareto adalah penting. Lebih baik barang dagangan anda menumpuk daripada cashnya banyak namun gak ada barang. Sebab barang itu bernilai rupiah dan ada profit didalamnya. Ada margin keuntungan ketika barang tersebut laku dan terjual.

Oleh sebab itu jadikan cash anda menjadi barang. Tentu saja pilah dan pilih yang fast moving, atau yang cepat lakunya. Ketika laku maka tumpuk lagi barang dagangan digudang yang fast moving tersebut. Sebab hanya nunggu waktu saja barang di gudang jadi duit plus margin keuntungan.

Kesalahan anda biasanya anda suka numpuk barang yang tidak fast moving. Asal numpuk saja tanpa memperhatikan apakah akan laku atau tidak. Ditambah dengan anda menumpuk barang yang akan segera kadaluarsa. Kalau anda salah manajemen disini maka barang anda tidak akan jadi duit malah jadi sampah. Anda rugi pada akhirnya.

Kemudian yang berikutnya adalah kontrol piutang anda. Perhatikan jatuh tempo.

Bagaimana selanjutnya? Langsung aja deh silahkan Download Cara Mengatur Cashflow untuk Pedagang Grosir, Agen & Distributor Biar tidak Rugi. Link download ada dibawah.


Download Cara Mengatur Cashflow untuk Pedagang Grosir, Agen & Distributor Biar tidak Rugi


Silahkan Download Cara Mengatur Cashflow untuk Pedagang Grosir, Agen & Distributor Biar tidak Rugi. Judul aslinya adalah Ebook Rahasia Cashflow Distributor.pdf. Klik gambar dibawah ini.


Demikian artikel Download Cara Mengatur Cashflow untuk Pedagang Grosir, Agen & Distributor Biar tidak Rugi. Judul asli Ebook Rahasia Cashflow Distributor.pdf. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa share ke teman anda yang jadi distributor, grosir atau agen. Supaya mereka semakin tahu dan paham pentingnya cashflow.




Stop..!!. Bisnis Reseller Tanpa Modal, Produk Organik Alami Back to Nature, Potensi Jutaan Seminggu Pendaftaran Gratis Mau? SELENGKAPNYA KLIK DISINI

Download Cara Mengatur Cashflow untuk Pedagang Grosir, Agen & Distributor Biar tidak Rugi Download Cara Mengatur Cashflow untuk Pedagang Grosir, Agen & Distributor Biar tidak Rugi Reviewed by Adhin Busro on 09.00 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD