Peluang Bisnis Ikan Hias, Potensi, Analisa Bisnis & Tips Memulai

Bisnis ikan hias dewasa ini sedang mulai menggeliat disamping bisnis sepeda onthel. Mulai booming dan trending bisnis ikan hias. Saat booming inilah anda harus segera take action dan mulai merebut pasar di sekitar anda. Yuk simak Peluang Bisnis Ikan Hias, Potensi, Analisa Bisnis & Tips Memulai.


Peluang Bisnis Ikan Hias, Potensi, Analisa Bisnis & Tips Memulai

Yuk kita bahas Peluang Bisnis Ikan Hias, Potensi, Analisa Bisnis & Tips Memulai. Mumpung saat ini ikan hias lagi booming.

Mumpung lagi momentum...

Berikut ini penjelasan tentang Peluang Bisnis Ikan Hias, Potensi, Analisa Bisnis & Tips Memulai yang saya ambil dari beberapa sumber referensi.

Peluang bisnis budidaya ikan hias ternyata menyimpan potensi sangat menjanjikan. Selain pasarnya yang sangat luas, usaha ikan hias membutuhkan keahlian khusus yang tak setiap orang mampu.

Ikan hias termasuk salah satu ikan yang mudah ditemui dan juga memiliki banyak jenis. Habitat dari ikan hias adalah air tawar dan juga air laut. Namun yang lebih mudah dibudidayakan adalah yang ikan hias air tawar.

Sebenarnya tak ada perbedaan mencolok antara ikan hias air tawar dengan air laut. Warna dan bentuknya yang indah menjadikan kedua macam ikan hias ini layak dijadikan pajangan untuk memperindah ruangan sebuah rumah.


Beberapa kiat sukses bisnis ikan hias:

Tempat Memulai Bisnis

Ini sangat perlu untuk anda pertimbangkan, karena juga memberikan pengaruh besar terhadap kelangsungan serta perjalanan bisnis. Seperti tempat-tempat ramai dan banyak orang berlalu-lalang mampu memberikan promosi dan menarik minat para calon-calon konsumen. Bila ada, anda juga perlu memiliki relasi pecinta ikan hias maupun penggagas komunitasnya. Dengan begitu, akan memberikan peluang tambahan bagi anda untuk usaha dan berkembang.

Pangsa Pasar Ikan Hias

Target pemasaran usaha ikan hias tidak dipengaruhi oleh usia. Karena dari anak-anak hingga orang dewasa memiliki hak yang sama dalam menyukai hobi satu ini. bahkan, dari berbagai kalangan juga dapat menyukai ikan hias ini. maka dari itulah, anda mendapatkan peluang besar dalam melancarkan usaha.

Hanya saja, anda harus mencoba mengerti tentang keinginan konsumen dan wawasan lebih mengenai ikan hias agar mendapatkan kriteria hingga langkah tepat untuk memulai usaha ikan hias ini.

Mempelajari Hal-hal Mengenai Ikan Hias

Banyak peralatan yang perlu anda ketahui bahkan miliki demi memperlancar usaha ikan hias ini. Yaitu seperti aquarium untuk tempat tinggal ikan, pompa air, filter, jaring, hingga assesoris untuk mempercantik aquarium. Dengan peralatan yang lengkap, maka anda akan semakin giat serta yakin dalam menjalankan usaha ikan hias, selain itu anda juga akan semakin mudah menjaring pelanggan.

Promosi Ikan Hias

Sebagai ajang promosi, maka anda perlu mempromosikan ikan hias sebagai usaha. Ada berbagai macam cara yang dapat anda jadikan contoh jitu dalam memperlancar usaha ikan hias tersebut. Dengan media sosial misalnya, anda juga bisa mengenalkan berbagai macam ikan hias dengan lengkap. Dari nama jenis ikan, foto, hingga harga yang anda cantumkan.

Nilai Tambah

Bahkan, anda juga bisa memberikan layanan tambahan seperti pesan-antar untuk para pelanggan yang sangat berminat namun tidak memiliki banyak waktu dalam membeli secara langsung. Jadi anda mampu untuk ‘menjemput bola’, bukan hanya ‘menunggu bola’.

Ada juga cara lain seperti paket makanan hingga aksesoris ikan agar pelanggan lebih mudah dalam mengatur ketersediaan makanan ikan hiasnya. Jadi, dengan menggunakan jadwal makanan ikan yang sesuai dengan kebutuhan ikan.

Peluang Bisnis Ikan Hias, Potensi, Analisa Bisnis & Tips Memulai



Langkah Budidaya Ikan Hias

Menjalankan usaha atau bisnis ikan hias bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun jika Anda tertarik dan ingin mengetahui tata cara budidaya ikan hias yang menjanjikan, berikut ini beberapa tahapan penting yang wajb Anda diketahui.

Penentuan Lokasi

Untuk membudidayakan ikan hias, Anda tidak memerlukan lahan yang luas dan spesifik. Justru yang lebih dibutuhkan dalam bisnis ikan hias adalah akuarium yang terkontrol suhunya agar tetap terjaga dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan kolam semen atau kolam terpal di pekarangan rumah. Kolam semen harus diendapkan dulu begitupun kolam berterpal harus dijaga suhunya pada kisaran 30 derajat celcius.

Pemilihan Jenis Ikan

Jenis ikan hias sangatlah beragam dan banyak yang bisa dipilih untuk dibudidayakan. Setiap jenis ikan memiliki spesifikasi perawatan yang harus diketahui dan dikuasai jika Anda ingin menekuni bisnis ikan hias.

Anda harus mengenali usia produktif ikan dan waktu tetas telur. Karena setiap jenis ikan hias ada perbedaan. Untuk budidaya ikan hias Anda harus memilih benih ikan yang berkualitas, sehat dan dari keturunan bagus serta subur.

Pemberian Makan

Untuk pemberian pakan ikan bisa dengan makanan alami. Ikan hias umumnya menyukai serangga kecil seperti jentik nyamuk atau plankton. Anda juga memberikan pakan buatan pabrik. Namun berikan pakan yang bergizi lengkap agar perkembangan ikan bisa optimal.

Perawatan Ikan Hias

Tahapan budidaya ikan hias selanjutnya yang penting adalah perawatan. Anda harus membersihan kolam secara teratur untuk menghindari pencemaran air yang bisa menyebabkan kematian ikan. Berikan juga obat untuk mencegah tumbuhnya jamur.

Proses Reproduksi

Tahapan budidaya ikan hias yang juga penting adalah mengenali masa reproduksi yang bisa diketahui sepintas dari ciri-ciri pada betina. Bisa berupa ukuran bagian perutnya yang membesar dan ukurannya tubuhnya lebih pendek dari jantan.

Adapun jenis jantan akan terlihat semakin ramping dan lebih panjang. Apabila tanda ini telah terlihat, sebaiknya pindahkan yang jantan dan betina pada kolam yang telah diberikan media untuk bertelur.

Pesan sponsor

Saatnya Bawa Mobil Cash

Saatnya work from home yuk?

Alhamdulillah saya bisa meraih mobil cash tanpa nyicil hanya dalam waktu 6 mingguan. Saya sudah siapkan program untuk anda juga bisa mendapatkannya dalam 6 bulan atau kurang atau uang kembali. Penasaran? KLIK DISINI

Yuk ikut saya gabung bisnis sinergy eco racing, cara termudah dan tercepat mendapatkan mobil idaman keluarga anda. KLIK www.otobest.id

Khabar gembira Eco Racing sudah buka cabang di Malaysia, Thailand, Philipines dan Brunei Darussalam. Jadilah yang pertama.

Baca dan pelajari baik2 sebelum gabung..

Anti Santet Sihir

Seputar pengobatan islam, santet, sihir dan gangguan jin baca2 https://ilmupengobatanislam.blogspot.com/

Akun instagram Terapi gangguan jin, syetan, sihir, santet, follow channel instagram https://www.instagram.com/pengobatansihir/

Fanspage Facebook seputar terapi gangguan jin www.facebook.com/adhin.busro

-----------------------

5 Tips Menjalankan Usaha Ternak Ikan Hias Beromset 45 Juta Sebulan

Ikan hias adalah ikan yang dipelihara dengan tujuan bukan untuk dikonsumsi melainkan dipelihara karena kecintaan/ hobi atau untuk memperindah ruangan atau taman/kolam ikan. Ikan hias sendiri ada yang berhabitat di air tawar maupun di laut.

Ikan hias banyak jenisnya, di antaranya: ikan hias louhan, koi, koki, cupang, oscar, gourami, german blue fish, guppy, komet, dan lainnya. Ikan hias memiliki daya tarik tersendiri, meskipun harganya terbilang cukup tinggi namun peminatnya kian meningkat.

Contoh rincian modal awal usaha

Investasi peralatan

Kolam pemeliharaan Rp.  4000.000
Akuarium Rp.  3000.000
Sewa tempat/tahun Rp.  5000.000
Jaring Rp.    180.000
Tabung oksigen Rp.  1.300.000
Pompa air Rp.     500.000
Selang dan wadah Rp.     130.000
Penyaring kotoran Rp.       70.000
Peralatan tambahan lainnya Rp.     100.000
Total Rp. 14.280.000

Peluang Bisnis Ikan Hias, Potensi, Analisa Bisnis & Tips Memulai



Biaya operasional per bulan

Biaya tetap Rp.    2.500.000
Biaya tidak tetap/variabel Rp.  3.500.000
Total Rp.  6.000.000


Pendapatan per bulan

Misalkan ada 3 jenis ikan yang dijual yaitu ikan hias koi, arwana, dan cupang. Dari ketiganya diperoleh pendapatan penjualan per bulan = Rp. 25.000.000

Menghitung keuntungan usaha

Cara menghitung keuntungan/laba yaitu:

Laba = Total pendapatan – Total biaya

= Rp. 25.000.000 – Rp. 6.000.000   = Rp.   19.000.000

Selain itu pelaku usaha ikan hias bisa dijalankan semua orang.  Oleh karenanya, peluang berjualan ikan hias terbilang menguntungkan dan kian banyak diminati pelaku usaha . Lalu bagaimana agar memaksimalkan keuntungan berjualan ikan hias, berikut peluang usaha berjualan ikan hias beradasarkan analisanya.


Analisis SWOT
  • Strength (kekuatan) : Ikan hias banyak dicari karena menarik untuk dijadikan peliharaan dan perawatan yang cukup mudah, potensi lahan masih luas, serta teknik budidaya yang relative mudah.
  • Weakness (kelemahan): Kondisi ikan yang tergantung pada cara perawatan dan pemeliharaan yang baik.
  • Opportunity (peluang): Usaha yang mudah dijalani oleh setiap kalangan tanpa keharusan keahlian yang mumpuni serta modal yang besar karena modal awal dapat disesuaikan serta dapat dijadikan usaha sampingan.
  • Threats (ancaman): Persaingan dibidang sama semakin ketat mengingat mudahnya masuk ke usaha tersenut, kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi dan dapat menentukan kondisi ikan, serta harga pakan yang tidak stabil.

Kumpulan Grup Whatsapp WA Seputar Dunia Perikanan

Klik dan masuk ke link yang aktif

TERNAK IKAN BAWAL
https://chat.whatsapp.com/HUMkgJnyQek8DC8MxKtFo6

UNIV PETERNAKAN IKAN LELE
https://chat.whatsapp.com/HnskvP1ZFN7FDf2v14cfLA

Rendy ikan hias Semarang👍🏻
https://chat.whatsapp.com/HvLG8BsLYeP9tfAwLsR2Pg

PENGOLAHAN DAGING & IKAN
https://chat.whatsapp.com/FeAnnhohIE64FD4mozA0tm

03 PERIKANAN NUSANTARA
https://chat.whatsapp.com/809sQRw0RFX3sIaeJBR4NR

05 PERIKANAN NUSANTARA
https://chat.whatsapp.com/K6IyMBzH47W0zfiIir3doH

06 Perikanan Nusantara
https://chat.whatsapp.com/4GYkHzEop00Cni9IPGlx88

08 PERIKANAN NUSANTARA
https://chat.whatsapp.com/AI0bYJXyxW4GzYUN9xlQgM

2PertanianPerikananModern
https://chat.whatsapp.com/JYQOOZBeKUX2p0frhWqZWJ

3PERTANIANPERIKANANMODERN
https://chat.whatsapp.com/KnV8EnfZSzKBepKwDhAjIa

4PertanianPerikananModern
https://chat.whatsapp.com/BVRqlaudopT0LByPS6gkMr

PETERNAKAN&PERIKANAN MWF
https://chat.whatsapp.com/BE2JylJQmgVF7RGmz6lJfw

MWF = Minangkabau World Foundation

BELAJAR BUDIKDAMBER
https://chat.whatsapp.com/FwrIZPDTQIN7roZPeGy6lb

BUDIKDAMBER = Budidaya Ikan Dalam Ember

Ikan crispy sipetek
https://chat.whatsapp.com/AbGogM6YkHA42hBoKsDFfe

Ikan Laga Kampung 🐠🐟
https://chat.whatsapp.com/Csk5pHgRomvCc3C4DpP074

🦀🦑🦈Ikan segar Bandung🐠🦐🐟
https://chat.whatsapp.com/KFzc7vJheZIA3IwxSPqSm8

Info jual beli ikan jogja
https://chat.whatsapp.com/E1GVOFSQ2Nc43ufcUEFNrJ

Pencinta ikan predator
https://chat.whatsapp.com/1nEDNnQdk3nJENYir7ij7K

Jual Beli Ikan
https://chat.whatsapp.com/DNsYXF8L84K0nCouSQWsvI

KEROPOK IKAN TERENGGANU
https://chat.whatsapp.com/F6y3pUTiMsYCz7udWELsrP

MANCING IKAN MONSTER
https://chat.whatsapp.com/Ei9U8eTz6GU38Bq5es581q

X PERIKANAN NUSANTARA
https://chat.whatsapp.com/FRcx2D0KMhPJRhnkCCdrQl


Sumber referensi

https://peminjam.com/
https://erakini.com/
https://www.harapanrakyat.com/
www.ngarang.com

Demikian Peluang Bisnis Ikan Hias, Potensi, Analisa Bisnis & Tips Memulai. Semoga bermanfaat. Bagikan Peluang Bisnis Ikan Hias, Potensi, Analisa Bisnis & Tips Memulai ini ke teman anda ya?

Semoga sukses




Stop..!!. Bisnis Reseller Tanpa Modal, Produk Organik Alami Back to Nature, Potensi Jutaan Seminggu Pendaftaran Gratis Mau? SELENGKAPNYA KLIK DISINI

Peluang Bisnis Ikan Hias, Potensi, Analisa Bisnis & Tips Memulai Peluang Bisnis Ikan Hias, Potensi, Analisa Bisnis & Tips Memulai Reviewed by Adhin Busro on 17.04 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD