Langkah Awal Merancang Blog & Optimasi Untuk Menghasilkan Profit Tanpa Henti Bag.1
Blogging adalah salah satu menumpahkan hobi menjadi pundi2 uang bisa jutaan puluhan bahkan ratusan juta sebulan. Bisakah? Bisa. Makanya kali ini saya share Langkah Awal Merancang Blog & Optimasi Untuk Menghasilkan Profit Tanpa Henti
Artikel rahasia blogging ini referensi dari ebooknya joko susilo. Tapi sebelumnya saya sudah menulis serial Rahasia Blogging yang bisa anda baca. Artikel pertama berjudul 7 Rahasia Blogging Bagaimana Menyulap Blog Menjadi Mesin Uang Modul 1 BACA DULU DISINI. Artikel ke 2 berjudul Rahasia Memanfaatkan Blog Bisnis untuk Menghasilkan Uang Melimpah, Modul 1 BACA DISINI
3 artikel diatas adalah bagian dari modul 1. Sekarang kita ke modul 2 yaitu terkait planning blog. MODUL #2: PLANNING
Bagaimana Langkah Awal Merancang Blog dan Mengoptimasinya Untuk Menghasilkan Profit Tanpa Henti
Daftar Isi Pembahasan
TEMUKAN CERUK PASAR BLOG ANDA
MENCIPTAKAN MARKET IDEAL LEWAT RISET KEYWORD
PILIH PLATFORM BLOG YANG TEPAT
MEMBANGUN BLOG PERTAMA ANDA
BAGAIMANA MEMPOSTING TULISAN ANDA
Langkah Awal Merancang Blog & Optimasi Untuk Menghasilkan Profit Tanpa Henti Bagian 1
Mari kita bahas Langkah Awal Merancang Blog & Optimasi Untuk Menghasilkan Profit Tanpa Henti bag. 1. Baca sampai kelar ya?
TEMUKAN CERUK PASAR ANDA
Apa itu ceruk pasar? Bahasa kerennya: “niche”. Niche bisa diartikan sebagai segmen pasar yang membutuhkan informasi dari anda. Niche berisi sekumpulan orang yang membutuhkan informasi anda dan nantinya bisa menjadi pengunjung setia blog anda.
Tanpa mereka, blog anda tak ada artinya. Karena apa yang anda sampaikan tak mendapat tanggapan dari pengunjung. Itulah kenapa penting menemukan niche yang tepat untuk anda. Maka sebelum anda ulai blogging, tentukan niche anda terlebih dulu. Sebab di sanalah tempat anda “bermain” nantinya. Tempat anda mencurahkan gagasan dan ide anda. Pastinya segala yang anda perbincangkan tak jauh-jauh dari niche tersebut nantinya.
Bagaimana caranya menemukan ceruk pasar? Saya yakin pertanyaan itu yang ada di benak anda sekarang. Sabar dulu. Silakan baca secara runtut pasti akan anda temukan jawabannya nanti. sekarang mari kita langsung mulai saja.
1 Apa Alasan Anda Blogging?
Nah, ini pertanyaan pertama yang harus anda jawab untuk menemukan niche blog anda. Kenapa anda blogging? Apa yang sebenarnya anda cari dari blogging? Atau motivasi apa yang membuat anda blogging? Anda harus menjawab pertanyaan ini terlebih dulu. Karena pertanyaan ini yang mendasari anda melakukan blogging.
Tapi, sebaiknya anda tak menjawabnya secara sembarangan atau asal-asalan. Misalnya karena iseng saja. Sebab alasan yang anda sampaikan sedikit banyak akan berpengaruh terhadap kesuksesan blog anda nantinya.
Umpamanya anda blogging hanya karena iseng. Bisa saja anda kemudian melakukannya tidak dengan serius. Anda hanya ingin mencoba saja dan setelah bosan meninggalkan blog anda begitu saja. Jika begitu pastilah tak mungkin blog anda sampai menghasilkan uang dan bahkan mencapai predikat blog sukses spektakuler.
Untuk itu penting mulai blogging dengan niat yang benar. Tata mindset anda dan rencanakan blog anda secara sungguh-sungguh. Saya perlu ingatkan lagi pentingnya mindset yang benar. Sebab keberhasilan blog anda berawal dari kokohnya pondasi mindset anda. Hanya mindset yang tepat sajalah yang bisa membuat anda tetap tegar menjalankan blog sampai pintu keberhasilan terbuka. Soal mindset, saya yakin anda sudah kenyang membacanya di modul pertama.
Kembali ke pertanyaan awal tadi, apa alasan anda blogging? Anda bisa saja menjawab bermacam-macam. Bisa karena anda ingin mendapat banyak uang, menjadi terkenal, agar gaul, supaya tak dicap gaptek dsb.
Tapi ada satu pesan yang ingin saya tekankan. Yang anda berikan untuk pengunjung sangat menentukan kesuksesan blog anda. Blog sukses adalah blog yang bisa membuat pembacanya menjadi lebih baik.
Anda pasti paham apa maksudnya. Artinya, blog anda bermanfaat. Berguna bagi pengunjung anda. Mampu membuat mereka yang sebelumnya seperti tengah berada dalam kegelapan, mendapatkan pencerahan lewat isi dari blog anda. Kebingungan atau pertanyaan yang selama ini belum terjawab di benak mereka, mereka temukan jawabannya di blog anda.
Jadi, tentukan apa yang bisa blog anda berikan untuk kehidupan orang lain. Dan, apa hadiah terbaik yang bisa anda berikan untuk pengunjung? Waktu anda membeli dan mempelajari ebook ini mungkin karena anda ingin meraup untung besar dari blogging. Sebab dengan banyaknya penghasilan, anda bisa memperbaiki kesejahteraan hidup anda. Benar begitu? Jika anda ingin blogging membawa anda pada gerbang kesuksesan, anda harus menghasilkan uang dari blog anda. Tapi, anda tidak bisa terus memikirkan diri anda sendiri.
Jika ingin mendapat hasil terbaik, maka berikanlah yang terbaik pula. Anda harus memiliki semangat membara untuk menjadi blogger sukses. Tapi, hati- hati... jika anda terlalu banyak menghabiskan waktu blogging hanya untuk mendapatkan uang, anda keliru. Yang terjadi malah sebaliknya. Anda tidak akan memperoleh traffic sama sekali. Dan tidak ada traffic = tidak ada uang. Kenapa bisa begitu?
Semakin anda mencurahkan perhatian anda pada blog, saya yakin anda akan memberikan seluruh blog anda hanya untuk kaum blogger saja. Ya, karena anda ingin menjadi bagian dari dunia blogging maka anda merasa harus mengikuti pendahulu anda. Hasilnya, blog anda hanya memberikan sesuatu yang biasa-biasa saja.
Atau bahkan sama seperti yang dilakukan blogger lain. Anda sekadar menginformasikan sesuatu untuk pengunjung. Ini fatal! Karena anda datang di dunia blogging untuk merebut perhatian orang. Anda harus menjadi seseorang yang mampu memberikan sesuatu yang lebih baik dari yang pernah ada. Untuk apa pengunjung rutin datang ke blog anda jika anda sama saja seperti blog lainnya?
Maka, jangan meniru blogger lain. Tanamkan pada benak anda, “blog saya ini bukan hanya untuk kepentingan pribadi. Saya harus bisa memberikan sesuatu pada orang lain, meskipun kecil.” Dengan blog yang bertraffic tinggi anda bisa mendapatkan puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Entah uang itu anda peroleh dari penjualan produk sendiri, iklan, affiliate program, ataupun paid review.
Tapi, dengan sumber penghasilan itu, tidak mungkin bisa anda dapatkan jika sejak awal anda hanya bisa menyenangkan diri sendiri. Anda tidak memberikan kontribusi apapun untuk pengunjung anda? Ini sama saja anda tidak memiliki traffic. Uang yang anda dapat tak bisa anda andalkan seumur hidup anda. Karena anda tidak berkesan di hati pengunjung anda. Anda tak memberikan apa-apa kecuali penawaran dan penawaran. Pengunjung yang sudah datang satu kali dan sudah membeli produk pun, kemungkinan besar tidak akan kembali lagi pada anda.
Ingat, blog yang berhasil adalah yang bisa memperbaiki kehidupan pengunjungnya. Bukan cuma anda yang bisa mendapatkan apa yang anda inginkan. Tapi pengunjung anda juga mendapatkan yang diinginkannya.
Maka, pikirkanlah baik-baik saat menulis konten. Sekali lagi saya katakan, pengunjung akan terus mengingat blog anda hanya jika anda memberikan yang terbaik yang mereka inginkan. Nah, apa yang selalu pengunjung cari dalam hidup mereka? Ya, itu tadi.Kehidupan yang lebih baik. Semua orang pasti ingin bertambah baik. Jika sekarang kondisi ekonomi mereka biasa-biasa saja atau pas-pasan, anda harus meyakinkan mereka banyak cara untuk menjadi orang yang makmur sejahtera. Pikat mereka agar terus optimis dan percaya diri.
Buatlah konten yang fokus menyemangati pengunjung. Pastikan setelah pengunjung selesai membaca konten anda, mereka merasa lebih baik. Anda bingung bagaimana caranya? Mudah, tidak perlu berpikir yang berat-berat. Fokuskan blog anda untuk membantu, mendidik, dan menghibur semua pengunjung. Tentu lewat kata-kata yang anda rangkai dalam konten anda. Dengan cara ini anda sudah memiliki satu pondasi hebat untuk kesuksesan blog anda. Percayalah! Anda memiliki pengunjung setia!
Lebih lanjut soal konten dan traffic memang akan saya bicarakan di modul berikutnya. Tapi pada tahap perencanaan ini, anda harus memadukan suluruh aspek tepat sebelum anda mulai melangkah. Hasil akhirnya, anda bisa melaksanakan rencana dengan baik.
Perencanaan yang matang penting untuk bisnis anda. Termasuk blogging. Nah, sekarang jika saya bertanya pada anda,
“Mengapa anda mau blogging?”
“Siapa yang menjadi target anda?”
“Bagaimana anda membuat lbog anda populer?” Mari kita belajar lebih jauh lagi...
Topik Mana yang Paling Baik untuk Blog Anda?
Apa landasan anda dalam memilih topik blog?
Apakah anda memilih topik A karena topic itu potensial mendatangkan uang?
Atau karena anda menyukai topik ini?
Anda tak bisa main-main dalam pemilihan topik. Karena topik blog akan menjadi acuan anda saat menulis konten. Dan anda harus konsisten pada topik anda. Tidak mungkin anda berganti-ganti tema konten setiap hari. Ini bisa merusak kredibilitas anda.
Memilih memang kadang tak mudah. Apalagi saat kita dihadapkan pada beberapa hal yang sama-sama menarik dan memikat hati. Begitu juga saat anda akan menentukan topik terbaik untuk blog anda. Saya yakin antara hati dan logika anda berperang dalam memilih topik. Apakah topik yang berpotensi profit atau topik yang anda sukai? Ini tantangan berikutnya yang harus anda taklukkan. Apa anda harus mengikuti hasrat dan kata hati anda? Atau lebih mementingkan logika pemerolehan profit?
2 Passion Vs Profits. Mana Yang Harus Anda Menangkan?
Secara garis besar, orang dihadapkan pada dua pilihan dalam menentukan topik blog. Pertama, topik yang memang sudah menjadi hobi dan kesenangan anda, atau kedua, topik yang berpotensi menghasilkan uang lebih banyak.
Mari kita analisa satu per satu...
Pilihan pertama, anda memilih topik kesenangan anda. Beberapa blogger menganjurkan untuk tak memikirkan uang. Karena besar uang yang datang bergantung besarnya kepedulian kita terhadap blog yang kita bangun. Saya paham, semua orang pasti tertarik dengan uang. Saya juga. ☺
Tapi, kita tidak bisa memaksakan diri untuk menggeluti hal yang tidak kita sukai meski sumber uang mengalir deras di situ. Sebaliknya, kita akan lebih termotivasi dan mudah menciptakan hal-hal baru dan menarik jika kita menekuni hal yang kita suka. Apalagi untuk urusan menulis konten. Kita punya kekuatan untuk menghasilkan konten yang paling baik karena kita menyukai topiknya. Kepala saya juga sering mengucurkan ide-ide cemerlang ketika saya sedang mengerjakan tema-tema konten favorit.
Jika anda percaya topik yang anda sukai bisa mendatangkan profit, maka fokuslah di sana. Uang memang bisa jadi motivator utama anda. Tapi, bisnis blogging anda tentu tidak berjalan dalam waktu singkat, bukan? Selama kita masih bisa mengelola blog dengan baik, ya blog kita akan terus hidup. Jangan sampai anda memaksakan diri memilih topik potensial profit tapi pada akhirnya anda bosan. Karena, anda merasa tersiksa menjalankan yang bukan pilihan hati anda.
3 Pilihan kedua, anda memilih topik yang potensial mendatangkan profit.
Pilihan lainnya anda memilih topik yang memang benar-benar basah. Anda memilih topik yang anda sukai hasilnya. Karena fokus dalam blogging adalah untuk menghasilkan uang. Jika anda tipe orang yang percaya bahwa menyukai suatu hal itu memerlukan proses, silakan pilih topik blog yang potensial mendatangkan profit. Dan, kesampingkan topik favorit anda. Misalnya, saat ini anda tidak suka olahraga, tapi blogging dengan topik olahraga adalah sumber penghasilan memikat. Kalau anda percaya anda bisa mencintai olahraga seiring berjalannya proses blogging, anda harus ambil topik ini. Jangan tunda lagi.
Jangan khawatir anda akan cepat bosan karena harus sering menulis kontenkonten berbau olahraga. Karena uang yang anda dapat dari blogging olahraga ini akan menghibur anda. Bahkan, anda bisa sangat mencintai olahraga tersebut jika topik ini berhasil membawa anda pada kesuksesan.
Contoh lain, affiliate program. Seumpama anda bergabung dengan affiliate program yang menjual produk-produk fashion. Sementara anda bukan seorang fashionista, bukan orang yang mengikuti perkembangan mode. Bahkan anda cenderung “slengekan” dalam berbusana.
Padahal, tugas anda sebagai seorang affiliate marketer adalah mempromosikan dan memasarkan baju dan beragam aksesoris. Tapi, saya jamin anda tak akan bosan menjadi affiliate marketer untuk produk ini. Karena anda terdorong oleh besarnya komisi affiliate yang bisa anda peroleh. Industri fashion tidak akan pernah mati. Semua orang suka tampil gaya, terutama wanita. Terlebih yang ada di kota-kota besar. Penampilan adalah segalanya. Jadi, manfaatkan saja kesempatan ini. Selama anda bisa mendapat banyak keuntungan, kenapa anda tidak berani menggelutinya? Just do it!
So, mana yang akan anda pilih?
Sebisa mungkin, cari jalan tengah alias win-win solution. Pilih topik yang anda sukai sekaligus bisa mendatangkan profit. Keuntungan anda memilih topik favorit anda adalah, anda bisa cepat memahami pembaca anda. Anda mengenal pengunjung seperti mengenal diri anda sendiri. Betapa tidak? Anda dan pengunjung menyukai hal yang sama. Jadi, yang ada di pikiran pengunjung bisa anda pahami. Betul begitu? Anda berada dua langkah di depan. Pertama, anda bisa menciptakan konten menarik tanpa kesulitan sedikitpun. Kedua, anda cepat menghasilkan uang dari blog anda. Karena anda bisa meraba apa yang dibutuhkan pengunjung.
Yang terpenting, konsistensi. Apapun pilihan anda, anda harus konsisten. Blogging yang sukses tidak bisa terlepas dari konsistensi anda dalam mengelolanya. Itulah kenapa anda harus memilih topik yang bisa menjaga mood anda. Anda ngeblog bukan untuk sehari dua hari. Dapatkah anda bertahan menulis konten secara teratur? Sekalipun topiknya tidak anda senangi? Maka, pertimbangkan baik-baik, apakah dalam waktu enam bulan anda mampu menulis topik yang anda pilih? Jika tidak, baiknya ambil topik yang lain.
Well... bisnis blogging perlu waktu sebelum ia berhasil mencetak uang di rekening anda. Dalam beberapa bulan pertama, jangan terlalu berharap anda bisa langsung mendapatkan penghasilan. Nah, jadikan ini sebagai pertimbangan. Mampukah anda menulis konten dengan topik yang tidak menarik hati anda selama beberapa bulan? Anda tak perlu menjawabnya sekarang.
Di mana ada traffic di situ uang mengalir...
Anda tak perlu terlalu merisaukan topik. Apapun topik anda, selama blog anda ramai, potensi blog anda menjadi sukses spektakuler tetap besar. Traffic adalah denyut nadi sebuah blog. Nah, jika dalam beberapa bulan pertama pengunjung anda mengalami peningkatan yang bagus, uang sudah ada di hadapan anda. Sekarang tergantung anda. Bisakah anda mengalirkan traffic ke blog anda? Apakah anda mampu memahami pengunjung anda? Apakah anda bisa mengerti motivasi, keinginan, dan kebiasaan mereka?
Produk manapun yang anda pilih, sebenarnya semua bisa laku keras di pasaran. Syaratnya, berikanlah apa yang pengunjung minta. Jadi sebelum membuat produk, pikirkan dulu siapa yang mau membeli produk anda. Pun, sebelum memulai blogging, pertimbangkan dulu siapa yang mau menjadi pengunjung anda. Tanpa adanya pengunjung, jangan banyak berharap blog anda bertraffic tinggi. Tanpa traffic, blog anda tidak punya ”darah” alias mati suri. Akhirnya, tidak ada pengunjung yang mau membeli produk anda karena anda tidak menjawab kebutuhan mereka.
Kesimpulannya, baiknya anda melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum membuat produk. Meski sekarang anda sudah mengantongi ide untuk membuat produk tertentu, tunda dulu! Jangan langsung eksekusi ide anda dan membuat produk yang sesuai keinginan anda. Lebih baik anda pelajari dulu keinginan pembaca. Produk apa yang mereka incar?
Lalu bagaimana cara melakukan riset pasar? Ini dia... terus lanjutkan baca modul ini.
Bersambung
Nah itu dia Langkah Awal Merancang Blog & Optimasi Untuk Menghasilkan Profit Tanpa Henti. Baca juga sambungannya ya?
Demikian Langkah Awal Merancang Blog & Optimasi Untuk Menghasilkan Profit Tanpa Henti semoga bermanfaat. Share
Artikel rahasia blogging ini referensi dari ebooknya joko susilo. Tapi sebelumnya saya sudah menulis serial Rahasia Blogging yang bisa anda baca. Artikel pertama berjudul 7 Rahasia Blogging Bagaimana Menyulap Blog Menjadi Mesin Uang Modul 1 BACA DULU DISINI. Artikel ke 2 berjudul Rahasia Memanfaatkan Blog Bisnis untuk Menghasilkan Uang Melimpah, Modul 1 BACA DISINI
Bagaimana Langkah Awal Merancang Blog dan Mengoptimasinya Untuk Menghasilkan Profit Tanpa Henti
Daftar Isi Pembahasan
TEMUKAN CERUK PASAR BLOG ANDA
- Apa Alasan Anda Blogging?
- Topik Mana Yang Paling Baik Untuk Blog Anda?
- Passion Vs Profits. Mana Yang Harus Anda Menangkan?
MENCIPTAKAN MARKET IDEAL LEWAT RISET KEYWORD
- Dua Langkah Mudah Melakukan Riset Keyword
- Mengenal Beberapa Jenis Software Riset Keyword
- Langkah-Langkah Mengoperasikan Software Riset Keyword Keterangan Penting Dalam Software Riset Keyword Rumus Praktis Temukan Keyword (Topik) Yang Tepat
PILIH PLATFORM BLOG YANG TEPAT
- platform Blog Paling Populer
- Alasan Mengapa Saya Memilih WordPress
MEMBANGUN BLOG PERTAMA ANDA
- Memilih Nama Domain Secara Tepat
- Cara Lebih Praktis Memilih Nama Domain
- Mendaftarkan Domain dan Menyewa Hosting Menginstall WordPress Di Webhost
- Mengubah Setting Default Blog Sesuai Dengan Misi Blog Memasang Theme Blog Sesuai Topik
- Plugin Yang Saya Pakai di Blog JokoSusilo.com Memasang Plugin Sesuai Kebutuhan Dan Tujuan
BAGAIMANA MEMPOSTING TULISAN ANDA
- Dari Mana Menulis Posting
- Struktur Posting
- Langkah Teknis Memposting Tulisan
Langkah Awal Merancang Blog & Optimasi Untuk Menghasilkan Profit Tanpa Henti Bagian 1
Mari kita bahas Langkah Awal Merancang Blog & Optimasi Untuk Menghasilkan Profit Tanpa Henti bag. 1. Baca sampai kelar ya?
TEMUKAN CERUK PASAR ANDA
Apa itu ceruk pasar? Bahasa kerennya: “niche”. Niche bisa diartikan sebagai segmen pasar yang membutuhkan informasi dari anda. Niche berisi sekumpulan orang yang membutuhkan informasi anda dan nantinya bisa menjadi pengunjung setia blog anda.
Tanpa mereka, blog anda tak ada artinya. Karena apa yang anda sampaikan tak mendapat tanggapan dari pengunjung. Itulah kenapa penting menemukan niche yang tepat untuk anda. Maka sebelum anda ulai blogging, tentukan niche anda terlebih dulu. Sebab di sanalah tempat anda “bermain” nantinya. Tempat anda mencurahkan gagasan dan ide anda. Pastinya segala yang anda perbincangkan tak jauh-jauh dari niche tersebut nantinya.
Bagaimana caranya menemukan ceruk pasar? Saya yakin pertanyaan itu yang ada di benak anda sekarang. Sabar dulu. Silakan baca secara runtut pasti akan anda temukan jawabannya nanti. sekarang mari kita langsung mulai saja.
1 Apa Alasan Anda Blogging?
Nah, ini pertanyaan pertama yang harus anda jawab untuk menemukan niche blog anda. Kenapa anda blogging? Apa yang sebenarnya anda cari dari blogging? Atau motivasi apa yang membuat anda blogging? Anda harus menjawab pertanyaan ini terlebih dulu. Karena pertanyaan ini yang mendasari anda melakukan blogging.
Tapi, sebaiknya anda tak menjawabnya secara sembarangan atau asal-asalan. Misalnya karena iseng saja. Sebab alasan yang anda sampaikan sedikit banyak akan berpengaruh terhadap kesuksesan blog anda nantinya.
Umpamanya anda blogging hanya karena iseng. Bisa saja anda kemudian melakukannya tidak dengan serius. Anda hanya ingin mencoba saja dan setelah bosan meninggalkan blog anda begitu saja. Jika begitu pastilah tak mungkin blog anda sampai menghasilkan uang dan bahkan mencapai predikat blog sukses spektakuler.
Untuk itu penting mulai blogging dengan niat yang benar. Tata mindset anda dan rencanakan blog anda secara sungguh-sungguh. Saya perlu ingatkan lagi pentingnya mindset yang benar. Sebab keberhasilan blog anda berawal dari kokohnya pondasi mindset anda. Hanya mindset yang tepat sajalah yang bisa membuat anda tetap tegar menjalankan blog sampai pintu keberhasilan terbuka. Soal mindset, saya yakin anda sudah kenyang membacanya di modul pertama.
Kembali ke pertanyaan awal tadi, apa alasan anda blogging? Anda bisa saja menjawab bermacam-macam. Bisa karena anda ingin mendapat banyak uang, menjadi terkenal, agar gaul, supaya tak dicap gaptek dsb.
Tapi ada satu pesan yang ingin saya tekankan. Yang anda berikan untuk pengunjung sangat menentukan kesuksesan blog anda. Blog sukses adalah blog yang bisa membuat pembacanya menjadi lebih baik.
Anda pasti paham apa maksudnya. Artinya, blog anda bermanfaat. Berguna bagi pengunjung anda. Mampu membuat mereka yang sebelumnya seperti tengah berada dalam kegelapan, mendapatkan pencerahan lewat isi dari blog anda. Kebingungan atau pertanyaan yang selama ini belum terjawab di benak mereka, mereka temukan jawabannya di blog anda.
Jadi, tentukan apa yang bisa blog anda berikan untuk kehidupan orang lain. Dan, apa hadiah terbaik yang bisa anda berikan untuk pengunjung? Waktu anda membeli dan mempelajari ebook ini mungkin karena anda ingin meraup untung besar dari blogging. Sebab dengan banyaknya penghasilan, anda bisa memperbaiki kesejahteraan hidup anda. Benar begitu? Jika anda ingin blogging membawa anda pada gerbang kesuksesan, anda harus menghasilkan uang dari blog anda. Tapi, anda tidak bisa terus memikirkan diri anda sendiri.
Jika ingin mendapat hasil terbaik, maka berikanlah yang terbaik pula. Anda harus memiliki semangat membara untuk menjadi blogger sukses. Tapi, hati- hati... jika anda terlalu banyak menghabiskan waktu blogging hanya untuk mendapatkan uang, anda keliru. Yang terjadi malah sebaliknya. Anda tidak akan memperoleh traffic sama sekali. Dan tidak ada traffic = tidak ada uang. Kenapa bisa begitu?
Semakin anda mencurahkan perhatian anda pada blog, saya yakin anda akan memberikan seluruh blog anda hanya untuk kaum blogger saja. Ya, karena anda ingin menjadi bagian dari dunia blogging maka anda merasa harus mengikuti pendahulu anda. Hasilnya, blog anda hanya memberikan sesuatu yang biasa-biasa saja.
Atau bahkan sama seperti yang dilakukan blogger lain. Anda sekadar menginformasikan sesuatu untuk pengunjung. Ini fatal! Karena anda datang di dunia blogging untuk merebut perhatian orang. Anda harus menjadi seseorang yang mampu memberikan sesuatu yang lebih baik dari yang pernah ada. Untuk apa pengunjung rutin datang ke blog anda jika anda sama saja seperti blog lainnya?
Maka, jangan meniru blogger lain. Tanamkan pada benak anda, “blog saya ini bukan hanya untuk kepentingan pribadi. Saya harus bisa memberikan sesuatu pada orang lain, meskipun kecil.” Dengan blog yang bertraffic tinggi anda bisa mendapatkan puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Entah uang itu anda peroleh dari penjualan produk sendiri, iklan, affiliate program, ataupun paid review.
Tapi, dengan sumber penghasilan itu, tidak mungkin bisa anda dapatkan jika sejak awal anda hanya bisa menyenangkan diri sendiri. Anda tidak memberikan kontribusi apapun untuk pengunjung anda? Ini sama saja anda tidak memiliki traffic. Uang yang anda dapat tak bisa anda andalkan seumur hidup anda. Karena anda tidak berkesan di hati pengunjung anda. Anda tak memberikan apa-apa kecuali penawaran dan penawaran. Pengunjung yang sudah datang satu kali dan sudah membeli produk pun, kemungkinan besar tidak akan kembali lagi pada anda.
Ingat, blog yang berhasil adalah yang bisa memperbaiki kehidupan pengunjungnya. Bukan cuma anda yang bisa mendapatkan apa yang anda inginkan. Tapi pengunjung anda juga mendapatkan yang diinginkannya.
Maka, pikirkanlah baik-baik saat menulis konten. Sekali lagi saya katakan, pengunjung akan terus mengingat blog anda hanya jika anda memberikan yang terbaik yang mereka inginkan. Nah, apa yang selalu pengunjung cari dalam hidup mereka? Ya, itu tadi.Kehidupan yang lebih baik. Semua orang pasti ingin bertambah baik. Jika sekarang kondisi ekonomi mereka biasa-biasa saja atau pas-pasan, anda harus meyakinkan mereka banyak cara untuk menjadi orang yang makmur sejahtera. Pikat mereka agar terus optimis dan percaya diri.
Buatlah konten yang fokus menyemangati pengunjung. Pastikan setelah pengunjung selesai membaca konten anda, mereka merasa lebih baik. Anda bingung bagaimana caranya? Mudah, tidak perlu berpikir yang berat-berat. Fokuskan blog anda untuk membantu, mendidik, dan menghibur semua pengunjung. Tentu lewat kata-kata yang anda rangkai dalam konten anda. Dengan cara ini anda sudah memiliki satu pondasi hebat untuk kesuksesan blog anda. Percayalah! Anda memiliki pengunjung setia!
Lebih lanjut soal konten dan traffic memang akan saya bicarakan di modul berikutnya. Tapi pada tahap perencanaan ini, anda harus memadukan suluruh aspek tepat sebelum anda mulai melangkah. Hasil akhirnya, anda bisa melaksanakan rencana dengan baik.
Perencanaan yang matang penting untuk bisnis anda. Termasuk blogging. Nah, sekarang jika saya bertanya pada anda,
“Mengapa anda mau blogging?”
“Siapa yang menjadi target anda?”
“Bagaimana anda membuat lbog anda populer?” Mari kita belajar lebih jauh lagi...
Topik Mana yang Paling Baik untuk Blog Anda?
Apa landasan anda dalam memilih topik blog?
Apakah anda memilih topik A karena topic itu potensial mendatangkan uang?
Atau karena anda menyukai topik ini?
Anda tak bisa main-main dalam pemilihan topik. Karena topik blog akan menjadi acuan anda saat menulis konten. Dan anda harus konsisten pada topik anda. Tidak mungkin anda berganti-ganti tema konten setiap hari. Ini bisa merusak kredibilitas anda.
Memilih memang kadang tak mudah. Apalagi saat kita dihadapkan pada beberapa hal yang sama-sama menarik dan memikat hati. Begitu juga saat anda akan menentukan topik terbaik untuk blog anda. Saya yakin antara hati dan logika anda berperang dalam memilih topik. Apakah topik yang berpotensi profit atau topik yang anda sukai? Ini tantangan berikutnya yang harus anda taklukkan. Apa anda harus mengikuti hasrat dan kata hati anda? Atau lebih mementingkan logika pemerolehan profit?
2 Passion Vs Profits. Mana Yang Harus Anda Menangkan?
Secara garis besar, orang dihadapkan pada dua pilihan dalam menentukan topik blog. Pertama, topik yang memang sudah menjadi hobi dan kesenangan anda, atau kedua, topik yang berpotensi menghasilkan uang lebih banyak.
Mari kita analisa satu per satu...
Pilihan pertama, anda memilih topik kesenangan anda. Beberapa blogger menganjurkan untuk tak memikirkan uang. Karena besar uang yang datang bergantung besarnya kepedulian kita terhadap blog yang kita bangun. Saya paham, semua orang pasti tertarik dengan uang. Saya juga. ☺
Tapi, kita tidak bisa memaksakan diri untuk menggeluti hal yang tidak kita sukai meski sumber uang mengalir deras di situ. Sebaliknya, kita akan lebih termotivasi dan mudah menciptakan hal-hal baru dan menarik jika kita menekuni hal yang kita suka. Apalagi untuk urusan menulis konten. Kita punya kekuatan untuk menghasilkan konten yang paling baik karena kita menyukai topiknya. Kepala saya juga sering mengucurkan ide-ide cemerlang ketika saya sedang mengerjakan tema-tema konten favorit.
Jika anda percaya topik yang anda sukai bisa mendatangkan profit, maka fokuslah di sana. Uang memang bisa jadi motivator utama anda. Tapi, bisnis blogging anda tentu tidak berjalan dalam waktu singkat, bukan? Selama kita masih bisa mengelola blog dengan baik, ya blog kita akan terus hidup. Jangan sampai anda memaksakan diri memilih topik potensial profit tapi pada akhirnya anda bosan. Karena, anda merasa tersiksa menjalankan yang bukan pilihan hati anda.
3 Pilihan kedua, anda memilih topik yang potensial mendatangkan profit.
Pilihan lainnya anda memilih topik yang memang benar-benar basah. Anda memilih topik yang anda sukai hasilnya. Karena fokus dalam blogging adalah untuk menghasilkan uang. Jika anda tipe orang yang percaya bahwa menyukai suatu hal itu memerlukan proses, silakan pilih topik blog yang potensial mendatangkan profit. Dan, kesampingkan topik favorit anda. Misalnya, saat ini anda tidak suka olahraga, tapi blogging dengan topik olahraga adalah sumber penghasilan memikat. Kalau anda percaya anda bisa mencintai olahraga seiring berjalannya proses blogging, anda harus ambil topik ini. Jangan tunda lagi.
Jangan khawatir anda akan cepat bosan karena harus sering menulis kontenkonten berbau olahraga. Karena uang yang anda dapat dari blogging olahraga ini akan menghibur anda. Bahkan, anda bisa sangat mencintai olahraga tersebut jika topik ini berhasil membawa anda pada kesuksesan.
Contoh lain, affiliate program. Seumpama anda bergabung dengan affiliate program yang menjual produk-produk fashion. Sementara anda bukan seorang fashionista, bukan orang yang mengikuti perkembangan mode. Bahkan anda cenderung “slengekan” dalam berbusana.
Padahal, tugas anda sebagai seorang affiliate marketer adalah mempromosikan dan memasarkan baju dan beragam aksesoris. Tapi, saya jamin anda tak akan bosan menjadi affiliate marketer untuk produk ini. Karena anda terdorong oleh besarnya komisi affiliate yang bisa anda peroleh. Industri fashion tidak akan pernah mati. Semua orang suka tampil gaya, terutama wanita. Terlebih yang ada di kota-kota besar. Penampilan adalah segalanya. Jadi, manfaatkan saja kesempatan ini. Selama anda bisa mendapat banyak keuntungan, kenapa anda tidak berani menggelutinya? Just do it!
So, mana yang akan anda pilih?
Sebisa mungkin, cari jalan tengah alias win-win solution. Pilih topik yang anda sukai sekaligus bisa mendatangkan profit. Keuntungan anda memilih topik favorit anda adalah, anda bisa cepat memahami pembaca anda. Anda mengenal pengunjung seperti mengenal diri anda sendiri. Betapa tidak? Anda dan pengunjung menyukai hal yang sama. Jadi, yang ada di pikiran pengunjung bisa anda pahami. Betul begitu? Anda berada dua langkah di depan. Pertama, anda bisa menciptakan konten menarik tanpa kesulitan sedikitpun. Kedua, anda cepat menghasilkan uang dari blog anda. Karena anda bisa meraba apa yang dibutuhkan pengunjung.
Yang terpenting, konsistensi. Apapun pilihan anda, anda harus konsisten. Blogging yang sukses tidak bisa terlepas dari konsistensi anda dalam mengelolanya. Itulah kenapa anda harus memilih topik yang bisa menjaga mood anda. Anda ngeblog bukan untuk sehari dua hari. Dapatkah anda bertahan menulis konten secara teratur? Sekalipun topiknya tidak anda senangi? Maka, pertimbangkan baik-baik, apakah dalam waktu enam bulan anda mampu menulis topik yang anda pilih? Jika tidak, baiknya ambil topik yang lain.
Well... bisnis blogging perlu waktu sebelum ia berhasil mencetak uang di rekening anda. Dalam beberapa bulan pertama, jangan terlalu berharap anda bisa langsung mendapatkan penghasilan. Nah, jadikan ini sebagai pertimbangan. Mampukah anda menulis konten dengan topik yang tidak menarik hati anda selama beberapa bulan? Anda tak perlu menjawabnya sekarang.
Di mana ada traffic di situ uang mengalir...
Anda tak perlu terlalu merisaukan topik. Apapun topik anda, selama blog anda ramai, potensi blog anda menjadi sukses spektakuler tetap besar. Traffic adalah denyut nadi sebuah blog. Nah, jika dalam beberapa bulan pertama pengunjung anda mengalami peningkatan yang bagus, uang sudah ada di hadapan anda. Sekarang tergantung anda. Bisakah anda mengalirkan traffic ke blog anda? Apakah anda mampu memahami pengunjung anda? Apakah anda bisa mengerti motivasi, keinginan, dan kebiasaan mereka?
Produk manapun yang anda pilih, sebenarnya semua bisa laku keras di pasaran. Syaratnya, berikanlah apa yang pengunjung minta. Jadi sebelum membuat produk, pikirkan dulu siapa yang mau membeli produk anda. Pun, sebelum memulai blogging, pertimbangkan dulu siapa yang mau menjadi pengunjung anda. Tanpa adanya pengunjung, jangan banyak berharap blog anda bertraffic tinggi. Tanpa traffic, blog anda tidak punya ”darah” alias mati suri. Akhirnya, tidak ada pengunjung yang mau membeli produk anda karena anda tidak menjawab kebutuhan mereka.
Kesimpulannya, baiknya anda melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum membuat produk. Meski sekarang anda sudah mengantongi ide untuk membuat produk tertentu, tunda dulu! Jangan langsung eksekusi ide anda dan membuat produk yang sesuai keinginan anda. Lebih baik anda pelajari dulu keinginan pembaca. Produk apa yang mereka incar?
Lalu bagaimana cara melakukan riset pasar? Ini dia... terus lanjutkan baca modul ini.
Bersambung
Nah itu dia Langkah Awal Merancang Blog & Optimasi Untuk Menghasilkan Profit Tanpa Henti. Baca juga sambungannya ya?
Demikian Langkah Awal Merancang Blog & Optimasi Untuk Menghasilkan Profit Tanpa Henti semoga bermanfaat. Share
Stop..!!. Bisnis Reseller Tanpa Modal, Produk Organik Alami Back to Nature, Potensi Jutaan Seminggu Pendaftaran Gratis Mau? SELENGKAPNYA KLIK DISINI
Langkah Awal Merancang Blog & Optimasi Untuk Menghasilkan Profit Tanpa Henti Bag.1
Reviewed by Adhin Busro
on
21.47
Rating:
Post a Comment