Apa itu Bisnis Affiliate (Affiliasi), Cara & Jenis, Keuntungan & Kelebihan Bisnis Affliasi

Salah satu bidang bisnis online adalah menjadi affiliate atau affiliater. Dalam bahasa sehari-hari affiliate atau affiliasi disebut dengan makelar bisnis. Ada orang jual tanah dan anda bantu jualin lalu dengannya anda dapat persenan, inilah makelar. Kalau dalam bisnis online disebut dengan affiliate. Paham ya?


Apa itu Bisnis Affiliate (Affiliasi), Cara & Jenis, Keuntungan & Kelebihan Bisnis Affliasi

Disamping menjadi affiliate ada 2 bidang bisnis online lainnya yang sering dijalani oleh para mastah. Bisnis Online ada berbagai macam. Namun, ada tiga jenis bisnis online yang tergolong mudah dipelajari dan sangat potensial.

1. Menjadi Affiliater
2. Menjadi Publisher
3. Menjadi pemilik Toko Online

Meskipun nantinya tiga jenis bisnis online diatas bisa Anda lakukan sekaligus. Namun sama seperti Bisnis lainnya, penting untuk menentukan fokus awal Bisnis Online Anda.



Sebagai awal, saya akan memberikan gambaran umum tiga jenis bisnis online di atas agar Anda bisa memilih satu jenis bisnis online yang menurut Anda paling tepat.

Penjelasan teknis akan mulai dibahas pada langkah kedua setelah Anda menentukan pilihan bisnis online yang sesuai untuk Anda .

Apa itu Affiliater ?

Secara sederhana, Affiliater adalah seseorang yang menjalankan affiliate marketing. Affiliate marketing adalah sistem dimana Anda mendapatkan komisi atas penjualan yang Anda referensikan di internet.

Referensi yang Anda gunakan berbentuk link url. Link ini di dapatkan dari perusahaan penyedia affiliate marketing atau disebut Merchant Affiliate. Link ini kemudian bisa Anda sebarkan di internet untuk menarik pengunjung situs melakukan "Klik" pada link Anda. Link Ini yang disebut link referensi atau link affiliate.

Bagaimana cara menjadi affiliater ?

1. Cari website yang menawarkan program affiliate.
2. Mendaftar pada affiliate program di website tersebut.
3. Dari website tersebut pilih produk yang ingin kita jual
4. Setelah kita terdaftar, affiliate merchant akan memberikan ‘affiliate link’ yang berisi produk pilihan kita.
5. Promosikan affiliate link tersebut. Sebagian besar merchant affiliate mengharuskan kepemilikan web untuk affiliater. Namun ada beberapa affiliate sistem yang bisa digunakan di media sosial atau blog tanpa memliki web.



6. Dari pengguna internet yang ‘mengklik’ dan atau MEMBELI produk/jasa dari link yang kita promosikan, kita akan mendapatkan komisi.
7. Jenis dan besar komisi sebuah affiliate program berbeda beda
8. Komisi bisa dikirim melalu transfer bank, pay pal, cek atau melalui lembaga keuangan seperti Western Union sesuai kesepakatan Anda saat mendaftar menjadi Affiliater.

Apa saja jenis program affiliate ?

A. Pay-Per-Sale Affiliate Program

Lewat program ini, kita memperoleh keuntungan pada saat seseorang membeli produk atau jasa melalui affiliate link kita. Karena ini pembelian langsung, biasanya komisi yang
ditawarkan cukup besar, hingga 40 %

B. Recurring Affiliate Program

Dalam program recurring ini, kita menerima komisi dalam beberapa periode tetap atau secara berkala.

C. Pay Per Lead Affiliate Program

Ini adalah jenis program affiliate yang memberikan pembayaran tetap untuk setiap calon kunsumen dengan kualifikasi tertentu yang masuk ke situs tertentu melalui affiliate link kita. Biasanya program ini ditawarkan jika seseorang berlangganan suatu jasa dan layanan bulanan. Seperti web hosting, autoresponder dan keanggotaan website premium.

D. Pay-Per-Click Affiliate Program

Pay-Per-Click Affiliate Program, dimana kita mendapatkan bayaran pada saat sebuah “link iklan” di situs kita, diklik oleh pengunjung kita. Program pay-per-click yang populer adalah Google’s Adsense.



Dalam program ini, kita boleh menempatkan 1 sampai 3 iklan Google di setiap halaman web site kita. Pelaku dalam program Ini lebih dikenal sebagai Publisher.

E. Pay-Per-Search Affiliate Program

Program pay-per-search ini hampir mirip dengan pay-perclick. Hanya saja yang berbeda adalah caranya. Lewat program pay-per-search ini, kita akan mendapatkan penghasilan pada saat pengunjung mencari informasi melalui “search box” khusus yang telah kita tempatkan di situs kita,
dan lalu mereka mengklik salah satu link dari hasil pencariannya tadi.

F. Hybrid Programs

Ada banyak affiliate merchant yang mengkombinasikan beberapa program pembayaran yang berbeda.

G. Lifetime Commissions

Ada yang sangat menarik Di dalam affiliate marketing, yaitu life time commisions, yang artinya Anda bisa mendapatkan komisi seumur hidup dari sebuah link yang Anda tanam saat seseorang membeli produk dari rekomendasi Anda. Maksudnya adalah, ketika seseorang membeli produk A dari link affiliate Anda dan kemudian dari komputer yang sama dia membeli produk A atau produk B atau produk manapun dari merchant penyedia life time affiliate commisions, maka Anda akan mendapatkan komisi terus menerus.

Merchant mengetahui tiap penjualan melalui “cookies yang ditanamkan kepada gadget pengunjung web site ketika mereka mengklik affiliate link Anda

Keuntungan dan Kelemahan

Keuntungan :

Presentase komisi Affiliate Program ini biasanya besar hingga 50% dari harga jual

Anda bisa meraih penghasilan segera setelah website Anda selesai dibuat. Penghasilan Program Affiliate biasanya berfokus pada pembelian dari pengunjung situs Anda. Sebagai contoh kasus, meskipun satu hari hanya ada 10 pengunjung, namun apabila semuanya membeli dari affiliate
link Anda maka Anda akan mendapatkan komisi dari sepuluh pengunjung tersebut sesuai dengan perjanjian affiliate dari penyedia (merchant) affiliate program.

Kelemahan :

Untuk membuat pengunjung situs Anda membeli dari link Affiliate biasanya tidak mudah. Anda harus ekstra membuat kontent yang menjual dan membuat strategi yang mendukung pembelian melalui link affiliate.

-----------------------------

Demikian artikel dengan judul Apa itu Bisnis Affiliate (Affiliasi), Cara & Jenis, Keuntungan & Kelebihan Bisnis Affliasi semoga bermanfaat.

Share ke teman anda.





Stop..!!. Bisnis Reseller Tanpa Modal, Produk Organik Alami Back to Nature, Potensi Jutaan Seminggu Pendaftaran Gratis Mau? SELENGKAPNYA KLIK DISINI

Apa itu Bisnis Affiliate (Affiliasi), Cara & Jenis, Keuntungan & Kelebihan Bisnis Affliasi Apa itu Bisnis Affiliate (Affiliasi), Cara & Jenis, Keuntungan & Kelebihan Bisnis Affliasi Reviewed by Adhin Busro on 12.36 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD