Langkah-Langkah Membangun Blog yang Menghasilkan Uang Ke Rekening Anda

Kali ini masih artikel tentang rahasia blogging. Berikut ini Langkah-Langkah Membangun Blog yang Menghasilkan Uang Ke Rekening Anda. Artikel ini adalah lanjutan dari artikel tips blogging yang sudah pernah saya buat sebelumnya. Artikel blogging yang ke sekian.

Gambar dari google

Artikel rahasia blogging ini referensi dari ebooknya joko susilo. Tapi sebelumnya saya sudah menulis serial Rahasia Blogging yang bisa anda baca. Artikel pertama berjudul 7 Rahasia Blogging Bagaimana Menyulap Blog Menjadi Mesin Uang Modul 1 BACA DULU DISINI. Artikel ke 2 berjudul Rahasia Memanfaatkan Blog Bisnis untuk Menghasilkan Uang Melimpah, Modul 1 BACA DISINI

Baca juga artikel terakhir Langkah Awal Merancang Blog & Optimasi Untuk Menghasilkan Profit Tanpa Henti Bag.1 KLIK DISINI. Baca juga Rahasia Blogging Menciptakan Market Ideal dengan Riset Keyword KLIK DISINI

Baca juga 6 Platform Blog Paling Populer Beserta Kekurangan dan Kelebihan baca disini.


Langkah-Langkah Membangun Blog yang Menghasilkan Uang Ke Rekening Anda

Berikut ini adalah Langkah-Langkah Membangun Blog yang Menghasilkan Uang Ke Rekening Anda

BAB 7 MEMBANGUN BLOG PERTAMA ANDA

Di dunia nyata, blog ibaratnya tempat pertemuan, tempat anda berkumpul dengan kawan-kawan anda untuk membicarakan topik yang diminati bersama. Kalau istilahnya orang muda, semacam tempat nongkrong. Di sana, sebagai pemilik tempat berkumpul, anda bisa melontarkan suatu gagasan, ide, atau apapun yang kemudian bisa ditanggapi atau dikomentari oleh teman-teman anda.


Nah, agar tempat berkumpul anda ini ramai, ada syarat-syarat yang perlu anda penuhi. Tak bisa anda seenaknya membangun tempat nongkrong tersebut, tanpa didasari pertimbangan tertentu yang diharapkan bisa membuat blog anda ramai. Itulah yang akan saya bahas di sini. Yang penting lagi, saya bahas secara teknis bagaimana membangun “tempat nongkrong” ini.

Anda siap mulai?

Memilih Nama Domain Secara Tepat

Dalam blog, ada istilahnya nama domain. Ini berarti nama “tempat nongkrong” anda, atau gampangnya plang yang anda pasang di depan bangunan itu. Sehingga siapapun yang membacanya kemudian akan menyebutnya dengan nama tersebut.

Tentu anda tak akan menamakannya sembarangan kan? Karena pasti ada pertimbangan-pertimbangan khusus yang anda ambil sebelum memberi nama sesuatu. Biasanya, anda akan memberi nama yang berhubungan dengan diri anda atau hal-hal di sekitar anda. Begitu pula di internet, jika anda hendak menetapkan suatu nama domain, ada pertimbangan khusus sebagai dasar anda menetapkannya. Karena ingat saja, di dunia internet ada ratusan juta blog. Kalau anda gagal menetapkan nama yang tepat, maka peluang memiliki blog sukses spektakuler jadi terbatas.

Mengapa harus begitu banyak pertimbangan untuk memilih nama domain? Ada dua alasan…
Nama domain menentukan prospek bisnis online. Ya, anda mungkin tidak menyadari bahwa pebisnis online yang sukses juga menggunakan nama domain sebagai alat untuk menarik hati pengunjung. Dengan demikian, jika nama domain anda tak menarik, bagaimana mungkin pengunjung mau mengklik alamat blog anda tersebut? Bukankah ini sia-sia saja meskipun anda memiliki blog yang bagus?

Pendaftaran tidak dilakukan dua kali. Apa artinya? Saat anda sudah mulai memilih satu domain dan mendaftarkannya, maka anda wajib memakai nama domain anda itu sampai habis masa berlakunya. Anda tidak bisa menarik kembali uang anda hanya karena menyesal memilih nama domain tersebut. Untuk itu, agar anda tidak rugi dan menyesal di kemudian hari, pilihlah nama domain seselektif mungkin.

Nah, bagaimana? Apakah anda telah memilih nama domain yang cocok? Sudahkah anda yakin bahwa nama domain tersebut memang benar-benar sesuai dengan produk anda? Jika anda sudah yakin dengan segalanya… baru kita mulai mendaftarkan nama domain anda tersebut.

Secara prinsip, ada dua hal yang harus anda penuhi dalam menetapkan nama domain:

1. Menarik. Menarik artinya nama tersebut unik, berbeda dari kebanyakan dan menggambarkan diri anda.

2. Mudah diingat. Sekali orang mendengarnya, nama itu akan langsung menancap di benaknya. Dan tidak akan pernah terlupa.

Dari dua prinsip dasar tadi, sebenarnya ada banyak gaya yang bisa anda gunakan dalam memilih nama domain untuk kepentingan bisnis online. Berikut ini merupakan daftar gaya-gaya penulisan nama domain yang sering digunakan oleh pebisnis internet dalam blog-nya:

Nama diri untuk branding:

Nama domain untuk menandai diri anda atau bisnis yang anda kelola. Contoh: Saya memiliki nama domain blog www.JokoSusilo.com. Begitu orang mendengar, maka orang akan langsung tahu kalau blog itu pasti miliknya Joko Susilo. Contoh lainnya yang menggunakan nama domain blog dengan nama pribadinya seperti www.AriefMaulana.com atau www.masHengky.com.

Nama blog untuk afiliasi:


Nama domain ini untuk menjual produk afiliasi anda. Misalnya jika selama ini anda menjadi reseller www.FormulaBisnis.com, anda bisa coba buat blog yang berhubungan dengan nama tersebut untuk memasarkan hak penjualan ulang (resell) produk tersebut. Caranya membuat blog yang memiliki kaitan dengan produk tersebut. Misalnya, www.SuksesFormulaBisnis.com, www.RahasiaFormulaBisnis.net, atau www.FormulaBisnismu.com.

Nama berbasis SEO:

Nama ini digunakan atas pertimbangan search engine optimization (SEO). Artinya nama tersebut yang paling banyak dicari orang lewat mesin pencari (search engine) seperti Google.

Misalnya anda berencana membuat blog yang membahas komputer. Maka anda akan melakukan riset keyword apa yang paling banyak digunakan pengunjung dalam mencari topik tersebut. Hasilnya muncul beberapa keyword. Dan salah satunya kata “rahasia komputer”. Maka anda akan menamakan blog anda dengan misalnya www.RahasiaKomputer.com.

Dengan menggunakan nama domain berbasis SEO, keuntungannya posisi blog anda bisa dipastikan akan selalu hadir di halaman depan hasil pencarian tersebut. Artinya juga hampir bisa dipastikan traffic blog anda akan terbantu meningkat. Sebab, blog anda ada di halaman pertama, akan selalu diklik pengunjung. Pasti pengguna mesin pencari akan mengklik hasil pencarian yang ada di depannya. Buat apa mengklik hasil pencarian yang ke-10, ke17, atau yang ke-100.

Kekurangan menggunakan gaya domain untuk affiliasi dan seo adalah pengunjung tak langsung tahu siapa pemilikinya. Sedangkan dalam blogging, personalitas itu penting untuk membangun hubungan. Jadi, mereka yang mungkin kesasar ke blog bergaya domain ini masih akan bertanya-tanya “Siapa ya pemilik blog ini?” Beda kalau dengan menggunakan nama pribadi. Orang akan langsung tahu siapa pemiliknya.

Dari tiga gaya nama domain di atas, mana yang anda pilih? Saya yakin, anda sudah bisa menentukan pilihan yang tepat untuk blog anda. Ketiganya masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Kalau menggunakan nama pribadi, anda perlu kerja lebih ekstra untuk mendongkrak posisinya di search engine. Namun, yang pasti saya sarankan adalah nama domain harus menarik dan mudah diingat.

Setelah anda menentukan gaya nama domain, tinggal saatnya anda menentukan apa nama domain untuk blog anda. Wah… Ini mungkin merupakan saat di mana anda harus harus merenungkan dan memeras otak mencari nama domain yang tepat dan menarik.

Bagaimana caranya? Ya, anda jangan bingung. Saya punya langkah-langkah praktis untuk memudahkan anda memilih nama domain yang memikat dan disukai oleh pengunjung. Simaklah baik-baik langkah-langkahnya di bawah ini…

Pilihlah nama domain yang pendek. Cobalah untuk mulai mengumpulkan nama domain yang menurut anda menarik. Jangan langsung memutuskan nama domain yang tepat. Kumpulkan terlebih dahulu nama domain-nama domain tersebut. Setiap kali anda menemukan nama domain yang cocok di otak anda, tulislah di lembaran kertas.

Anda pasti akan membutuhkannya nanti. Ingat, jangan membuat nama domain yang terlalu panjang. Usahakan nama domain anda tidak lebih dari 30 karakter (maksimal). Nama domain yang terlalu panjang akan sulit dingat. Tak percaya? Coba apakah anda bisa mengingat nama domain www.kapanbagaimanadimana.com setiap kali akan mengunjunginya?

Carilah nama domain yang mudah dibaca dan dipahami. Anda perlu tahu, nama domain yang sukar dibaca akan sulit diingat oleh pengunjung. Jadi, carilah nama domain yang mudah dibaca dan sering digunakan dalam bahasa sehari-hari. Begitu pula, jangan pernah memilih nama domain yang sulit dipahami. Jangan menggunakan bahasa-bahasa yang asing dan terlalu teknis untuk domain anda. Pengunjung bisa malas untuk mengingatnya. Contoh pasti tidak gampang mengingat nama domain www.xyzpqlz.com.

Gunakan bahasa target pembaca anda. Penting juga untuk mengingat target pembaca. Kalau target pembaca anda penduduk sedunia, maka baik menggunakan bahasa asing. Misalnya www.AffiliateOfTheMonth.com milik Ewen Chia. Sebaliknya kalau anda mengarahkan pada pembaca di negeri sendiri, pakai bahasa Indonesia saja.

Hubungkan dengan keywords yang anda pilih. Ya, ini penting. Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, pengunjung mungkin tidak akan membuka alamat blog anda jika blog tersebut tidak mencerminkan produk yang mereka inginkan. Jadi, untuk meyakinkan pengunjung, buatlah nama domain yang sesuai dengan keyword yang anda pilih. Jangan terlalu jauh keluar dari inti keywords itu. Dalam istilah teknisnya, nama domain yang mewakili produk sering dikenal dengan istilah brandable domain name.

Buatlah semenarik mungkin. Inilah alasan mengapa saya menganjurkan pada anda untuk menggunakan model Branding Domain Name. Dengan model seperti itu, anda berarti bebas untuk memilih nama domain yang menarik. Ya, cobalah untuk mencari nama domain yang memikat hati pengunjung. Bahkan jika perlu rangkailah kata untuk nama domain yang sekiranya semakin membuat pengunjung merasa ‘gatal’ jika tidak membuka nama domain anda tersebut.

Jangan mengulang kata yang sama. Usahakan jangan pernah mengulang kata yang sama dalam nama domain anda. Jika anda benar-benar tidak menemukannya, bukalah kamus. Upayakan nama domain anda tidak memiliki dua kata yang sama sekaligus agar tidak terkesan memboroskan kata.

Pastikan tidak ada dua domain dalam waktu yang sama. Jika anda ragu apakah nama domain anda sudah dimiliki oleh orang lain atau tidak, cobalah anda mengeceknya di http://whois.net. Situs web ini akan membantu anda untuk mengecek apakah nama domain anda sudah ada yang memiliki atau tidak.

Itulah langkah-langkah praktis untuk mempermudah memilih nama domain yang cocok bagi blog anda. Untuk memastikan apakah nama domain anda tergolong cukup menarik atau tidak, cobalah anda tanyakan kepada keluarga anda, teman-teman anda, dan bahkan tanyakan pada orang lain.

Perhatikan komentar-komentar dan masukanmasukan mereka. Selanjutnya, tanyakan ide dan gagasan mereka tentang nama domain apa yang cocok untuk jenis produk yang anda jual dalam blog.
Wah… repot juga ya! Ya, memang lumayan repot. Ini gaya konvensional (biasa) yang sering dilakukan oleh orang untuk menentukan nama domain yang menarik.

Cara Lebih Praktis Memilih Nama Domain

Sebenarnya, ada langkah yang lebih praktis dan termudah untuk memilih nama domain itu. Ya, anda tidak perlu memeras otak dan berpikir berhari-hari hanya untuk menentukan satu nama domain. Anda tinggal memilih ratusan nama domain menarik yang sudah ‘kadaluarsa’ (masa berlakunya sudah habis) untuk anda pakai kembali sebagai alamat blog anda.

Bagaimana caranya?



Begini, dalam dunia internet, banyak blog dan website yang sudah berganti nama domain atau sudah habis masa berlakunya. Artinya, anda bisa menemukan ratusan nama domain yang telah habis masa berlakunya itu dalam sebuah website. Anda tinggal memilih nama domain apa yang cocok dengan produk anda dalam website tersebut.

Lalu, apa situs yang menyediakan berbagai nama domain yang telah “kadaluarsa” itu?

Namanya MakeWords.com. Silakan anda kunjungi alamat webnya di www.makewords.com. Di sana, anda akan menemukan ratusan nama domain yang telah habis masa berlakunya. Mudah bukan? Anda tinggal memilih nama domain apa yang cocok untuk produk anda. Tapi, bagaimana cara  mengoperasikannya? Bagus, jika anda bertanya demikian.

Langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah:

Langkah #1 - Kunjungi http://www.makewords.com

Langkah #2 - Masukkan satu keyword anda ke dalam kotak “Advanced Keyword Search”, misalnya saya ketik keyword “ebook”. (Coba perhatikan screenshotnya di bawah ini)

Langkah #3 -Klik tombol “Go”. Makewords.com akan mengumpulkan bermacam-macam nama domain kadaluarsa yang berhubungan dengan keyword anda itu. (Seperti yang tergambar dalam screenshot berikut)

Langkah #4 - Jika anda ingin memiliki ide dan gagasan tentang keyword yang lebih banyak, silakan lihat menu "try more keywords themes” di daftar bagian bawah. Anda akan melihat begitu banyaknya gagasan tentang keyword yang akan anda jadikan nama domain, mulai dari actions, advice, arts, sports, hingga travel.

Setelah anda mendapatkan berbagai nama domain yang berhubungan dengan keyword anda itu, silakan pilih nama domain mana yang anda suka. Jika nama domain yang anda sukai lebih dari satu, sebaiknya anda minta pertimbangan terlebih dahulu kepada teman-teman anda.

Sudah siap? Mari kita lanjutkan…

Mendaftarkan Domain dan Menyewa Hosting

Anda sudah memilih nama domain, lalu apa? Ya tugas berikutnya adalah mendaftarkan nama domain. Ya, setelah anda menemukan nama domain yang cocok, anda harus mendaftarkannya. Bagaimana cara mendaftarkan nama domain? Jangan bingung, anda akan saya tuntun selangkah demi selangkah hingga tuntas menyelesaikan tata cara pendaftaran nama domain.

Salah satu situs web terkenal yang melayani pendaftaran nama domain adalah Godaddy.com. Untuk lebih lengkapnya, silakan anda ikuti langkah-langkah di bawah ini…

Lalu, setelah urusan nama domain anda selesai. Apa yang harus dilakukan selanjutnya? Tentu, anda butuh ruang sewa blog agar anda bisa bebas memperlakukan blog anda sesuka hati. Yah, anda perlu menyewa tempat untuk ngobrol-ngobrol anda nantinya

Inilah yang saya maksud dengan ruang sewa blog: hosting! Dalam ruang sewa ini, anda bisa menempatkan semua file anda di sana. Gambar, video, teks, dan lainnya bisa anda disimpan disana dan bisa diupdate setiap saat. Untuk dapat diakses oleh pengunjung, blog anda harus aktif atau online selama 24 jam sehari penuh! Dan hal ini hanya bisa dilakukan jika anda sudah memiliki hosting pribadi untuk blog anda.

Nah, yang saya sarankan pada anda bahwa jenis blog yang paling direkomendasikan adalah WordPress. Untuk mendaftarkan layanan hosting, anda minimal harus memiliki web server terlebih dahulu untuk membuat WordPress resmi anda.

Di internet, banyak perusahaan internasional dan perusahaan dalam negeri memberikan layanan hosting pada anda. Tentu, semua memiliki tarif harga berbedabeda, tergantung isi layanan yang diberikan.

Berikut ini merupakan daftar beberapa cara umum yang bisa anda gunakan untuk meng-hosting blog:
Meng-hosting blog dalam PC pribadi anda. Model hosting seperti ini hanya bisa dilakukan jika anda memilih WordPress sebagai blog pribadi anda. Anda tinggal bebas memilih apakah anda ingin meng-hosting-nya saat online (internet) atau saat offline (PC pribadi).

Ini memang cukup mudah, tapi metode ini akan sangat bergantung pada penyedia layanan internet atau internet service provider (ISP) anda. Jika ISP anda tidak memiliki kecepatan kbps yang cukup memadai maka akan berpengaruh pada kecepatan running blog anda saat ada banyak orang yang mengunjunginya.

Membeli server pribadi. Cara kedua ini adalah dengan membeli server pribadi untuk layanan hosting. Ada banyak perusahaan menawarkan server pribadi untuk layanan hosting. Jika dibandingkan dengan yang lain, cara hosting dengan membeli server resmi memang tergolong cukup eksklusif! Bagaimana tidak? Server pribadi membebankan pada anda harga sekitar US$ 50 hingga US$ 100 per bulan!

Membeli shared server solution. Ini merupakan gaya standar di antara dua gaya hosting yang telah disebutkan sebelumnya. Harga yang harus anda bayarpun cukup murah, yaitu berkisar US$ 9.95. Harga ini memang harga rata-rata layanan hosting untuk seluruh website dan blog.

Lalu? Metode hosting apa yang paling direkomendasikan untuk anda? Saya anjurkan agar anda memilih model hosting yang ketiga, yaitu shared server solution. Selain memiliki harga terjangkau, layanan hosting dengan membeli shared server solution tidak akan bergantung pada kuantitas kbps server internet pribadi anda.

Anda tidak perlu ragu, saya telah menggunakan layanan hosting model seperti ini pada semua proyek dan blog saya. Hasilnya tentu tidak kalah dengan membeli server pribadi sekalipun. Saya tidak menyarankan untuk menggunakan model pelayanan hosting yang pertama karena akan berpengaruh pada kinerja bisnis online anda nantinya.

Untuk itu, mulailah untuk mendaftarkan layanan hosting anda segera. Jika anda tidak tahu caranya, silakan ikuti petunjuk-petunjuk yang akan saya bahas nanti. Perlu anda ketahui, pembahasan saya tentang layanan hosting akan difokuskan pada hosting untuk blog jenis WordPress. Anda tidak perlu khawatir tidak bisa mendaftarkan layanan hosting WordPress anda karena saya akan tunjukkan langkah-langkahnya dengan mudah pada pembahasan nanti.

Nah, di sini saya akan berikan beberapa plugin yang saya pakai di blog JokoSusilo.com. Jumlahnya tidak ratusan, hanya beberapa saja. Ya, hanya itulah yang saya gunakan. Inilah plugins-plugins yang saya pakai dan terbukti efektif. Itu berarti plugins-plugins inilah yang juga membantu saya meningkatkan penghasilan ratusan juta rupiah per bulannya! Jadi, anda tentu rugi jika tidak mempelajari dan mengetahui plugins-plugins tersebut.

Oya, dalam materi tentang plugins ini, anda dituntut untuk mempelajari pelaksanaan teknisnya sendiri. Saya tidak akan memberikan screenshot langkah-langkah teknis untuk masing-masing plugins pada anda karena penerapan masing-masig plugins tersebut cukup mudah untuk anda lakukan.

Anda penasaran bukan? Baik…mari kita pelajari satu persatu…inilah plugin-plugin yang saya pakai.

a. Akismet. Plugin berfungsi untuk mendeteksi komentar spam yang masuk keblog anda. Untuk menggunakannya anda perlu memiliki API key. Mengenai cara menggunakannya, akan saya bahas lebih jelas nanti.

b. Comment Relish. Plug in buatan Justin Shattuck ini berfungsi mengirim ucapan terimakasih lewat email kepada pengunjung yang baru pertama kali berkomentar di blog anda. Ini merupakan bentuk perhatian anda kepada siapapun yang telah berkomentar. Dan ini bisa membuat pengunjung kembali lagi ke blog anda.

c. Get Recent Comments blog. Kalau plugin yang ini berfungsi menampilkan komentar terakhir atau trackback ke blog anda.

d. Got Banners. Plugin sederhana ini berfungsi untuk menampilkan banner di blog yang bisa berotasi.

e. Recent Posts. Kalau yang ini menampilkan daftar posting terakhir di blog anda.

f. Related Posts. Menghubungkan artikel-artikel yang saling berkaitan. Yang dipakai sebagai acuannya adalah kata kunci.

g. Top Commentators Widget. Plugin yang menampilkan pengkomentar terbanyak di blog anda.

h. WordPress.com Stats. Statistik komplit blog anda, baik jumlah pengunjung, jumlah page view, dan lainnya bisa anda dapakan setelah menginstalnya. Untuk menginstalnya anda membutuhkan kunci API. Requires a WordPress.com API key. By Andy Skelton.

i. WordPress Database Backup. Kalau yang ini untuk memback up database anda.

j. Yet another threaded Comments plugin. Memungkinkan para pembaca mengomentari komentar pembaca lain, dan hasilnya komentar bisa tertulis secara hirarki. Manfaatnya, akan terjadi interaksi yang lebih kuat pada pengelola blog dengan pembaca, maupun antar sesama pembaca.

Tata Cara Memasang Plugin di Blog Anda

Berikutnya kita bahas cara menginstallnya. Sebelum anda pelajari langkah-langkah menginstal plugin blog WordPress anda, ada dua hal yang anda butuhkan:

1. Software FTP FileZilla

Software FTP? Apa hubungannya dengan instalasi modul? Begini… sebelum menginstal modul, anda harus memiliki sebuah software yang bisa memindah atau mentransfer seluruh file blog anda ke dalam webhost/bloghost, termasuk di dalamnya file plugins. Tahukah anda apa nama software tersebut?

File Transfer Protocol atau yang sering disingkat dengan FTP! Inilah software yang harus anda miliki! Software FTP memungkinkan anda meng-upload seluruh file blog dan plugins ke dalam bloghost.

Sebenarnya, saya telah memberikan materi tentang softaware FTP pada ebook saya yang pertama, SMUO. Hanya saja jika dulu saya memberikan software FTP jenis WS_FTP Pro atau WS_FTP LE yang diprakarsai oleh perusahaan Ipswitch.com, maka software FTP dalam Rahasia Blogging yang saya gunakan kali ini adalah FileZilla keluaran Sourceforge.net. Meskipun model dua software ini berbeda, namun cara kerja masing-masing software ini kurang lebih sama.

2. Modul / Plugins

Sebagai satu contoh, saya pilih modul Akismet. Anda akan terkejut jika tahu kegunaan modul ini. Mau tahu? Modul Akismet adalah plugin yang akan melindungi blog anda dari serangan ‘spam’. Setiap kali blog anda terkena spam, maka modul inilah yang akan menangkalnya.

Selesai sudah materi anda tentang Plugins. Saya tidak tahu, apa yang sekarang anda pikirkan. Yang saya tahu, anda saat ini sudah mulai kebelet untuk mencoba-coba seluruh plugin yang saya berikan di dalam bonus. Saran saya, utamakan saja pluginplugin yang paling saya rekomendasikan dan sudah saya pakai sendiri.

Untuk itu, cobalah untuk luangkan waktu sedikit untuk mendowload beberapa plugin tersebut dan mencoba untuk menerapkannya satu persatu. Jika ada kesulitan, tanyalah pada ahlinya. Jika anda menemukan kejanggalan, pelajarilah lebih dalam informasinya tentang plugin tersebut.

Nah, kembali pada persoalan blog, setelah anda mempelajari plugin, tugas apa yang perlu anda lakukan selanjutnya? Mari kita ke modul selanjutnya... posting!

BAB 8

Bersambung

Demikian Langkah-Langkah Membangun Blog yang Menghasilkan Uang Ke Rekening Anda semoga bermanfaat. Jangan lupa share artikel Langkah-Langkah Membangun Blog yang Menghasilkan Uang Ke Rekening Anda ke teman anda ya?

Sukses




Stop..!!. Bisnis Reseller Tanpa Modal, Produk Organik Alami Back to Nature, Potensi Jutaan Seminggu Pendaftaran Gratis Mau? SELENGKAPNYA KLIK DISINI

Langkah-Langkah Membangun Blog yang Menghasilkan Uang Ke Rekening Anda Langkah-Langkah Membangun Blog yang Menghasilkan Uang Ke Rekening Anda Reviewed by Adhin Busro on 12.47 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD