Berbagai Cara Menjaring Traffic Melimpah untuk Blog Anda
Mendapatkan traffic melimpah ribuan visitor sehari adalah dambaan para blogger. Sebab traffic seiring sejalan dengan uang. Makin banyak traffic makin banyak uangnya. Nah berikut saya jelaskan panjang lebar Berbagai Cara Menjaring Traffic Melimpah untuk Blog Anda. Simak y?
Berbagai Cara Menjaring Traffic Melimpah untuk Blog Anda
Yuk kita bahas Berbagai Cara Menjaring Traffic Melimpah untuk Blog Anda. Artikel ini referensi dari sebuah ebook lama karya Joko Susilo berjudul Rahasia Blogging. Simak yuk?
PEMAHAMAN DASAR TENTANG MENJARING TRAFFIC UNTUK BLOG
Sampai hari ini, sudah berapa pengujung blog anda? Sudah mencapai angka 100? 500? Apa anda puas dengan kunjungan 500 orang per hari? Saya harap jawaban anda belum puas. Pengguna internet setiap harinya bisa mencapai jutaan orang. Kenapa anda puas dikunjungi 500 orang saja?
Di Indonesia saja tak kurang dari 5 juta orang menggunakan internet dalam sehari. Kalau yang mengunjungi anda cuma 500 orang, berarti blog anda masih jauh dari ramai. Dan, bagaimana anda bisa mendapatkan banyak penghasilan jika yang datang pada anda hanya segelintir orang?
Anda harus memiliki pengunjung loyal yang setiap hari setia ‘menyatroni’ blog anda, memberi komentar, dan membeli produk-produk anda. Cuma itu kuncinya kalau anda ingin mendapatkan penghasilan melimpah dari blogging. Tidak hanya gelar superblogger yang akan membuntuti anda, tapi uang dan kesuksesan akan mengitari anda.
Untuk membuat blog anda sukses besar, anda tak boleh sembarangan melangkah. Anda perlu panduan yang jelas dan bertahap menuju tangga kesuksesan blogging anda. Anda tak akan bisa meraih sukses secepat kilat. Tapi, bukan berarti anda perlu waktu yang sangat lama untuk menuju puncak kesuksesan. Jalan kesuksesan tak serumit yang anda bayangkan. Anda cuma perlu rencana dan langkah taktis.
Oke... sekarang langsung saja kita mulai dengan cara mendongkrak jumlah pengunjung anda.
Strategi Terurut Mendatangkan Pengunjung
Pernah saya katakan di blog kalau “banyak teman, banyak rejeki”. Artinya, makin banyak kawan, semakin kuat benteng pertahanan bisnis anda. Sama seperti strategi perang, makin banyak prajurit yang anda punya, semakin besar peluang anda memenangkan pertarungan. Untuk memiliki bisnis yang awet dan tahan lama, jangan pernah ragu meluaskan jaringan. Tentu jika jaringan anda sudah luas, anda perlu mengokohkannya.
Nah berikut ini tiga tipe pengunjung yang akan meramaikan blog anda. Diantaranya:
1. Pengunjung baru. Mereka ini adalah pengunjung yang baru pertama kali datang ke blog anda. Mereka datang mungkin karena mengklik iklan anda, menklik link anda di komentar, atau mungkin karena diberitahu oleh temannya. Yang perlu diketahui, mereka datang karena tertarik dengan iklan blog anda. Karena itu penting jangan sampai membuat mereka kecewa.
2. Pengunjung Berulang. Mereka adalah pengunjung yang sebelumnya pernah datang dan kembali lagi ke blog anda. Mereka datang kembali karena ingin membaca artikel terbaru anda. Atau mungkin ingin bertanya pada anda. Jangan kecewakan mereka. Sajikan konten secara teratur. Dan jawab pertanyaan mereka. Mereka ikut menyumbang traffic melimpah pada blog anda.
3. Pengunjung loyal. Inilah pengunjung inti blog anda. Mereka sangat rajin datang ke blog anda. Sehari bahkan bisa berkali-kali. Setiap mereka berinternet, blog anda menjadi salah satu tempat kunjungan wajib. Mereka rajin memberikan komentar di blog anda, mereka terdaftar sebagai subscriber newsletter anda, dan mereka tanpa segan mempromosikan blog anda melalui blog mereka. Merekalah aset istimewa blog anda. Jangan sia-siakan. Berikan perhatian lebih pada mereka.
Jika anda perhatikan, sebenarnya ketiga tipe pengunjung itu saling berkaitan. Pengunjung baru akan jadi pengunjung berulang, dan pengunjung berulang akan jadi pengunjung loyal. Jika dibuat rumusan, gambarannya seperti ini:
Visitor Evolution
New Visitor >> Repeat Visitor >> Loyal Visitor
New Visitor = Pengunjung baru yang datang ke blog anda karena iklan, search engine, dan kegiatan promosi lainnya.
Repeat Visitor = Pengunjung berulang, kembali lagi karena menyukai content anda.
Loyal Visitor = Pengunjung loyal, yang selalu kembali dan membawa banyak pengunjung baru untuk anda.
---------------
Mari kita bahas soal ini lebih detail lagi.
Mendatangkan Pengunjung Baru
Jika anda baru memulai blog, tugas awal anda sebagai seorang blogger adalah mendatangkan pengunjung baru. Pada posisi ini, blog anda belum dikenal. Orang tidak tahu akan keberadaan blog anda. Di sini, anda tidak bisa mengharapkan rekomendasi dari siapapun agar ada orang baru mengunjungi dan membaca materi blog anda.
Ini adalah tahap paling membosankan dan menyita waktu. Saya tidak bilang tahap ini sulit... karena memang cara mendatangkan pengunjung baru itu mudah. Namun anda butuh konsistensi. Akibatnya, karena pekerjaan ini mudah namun harus dilakukan secara konsisten, kebanyakan blogger akan menjadi bosan. Mereka merasa harus melakukan kegiatan rutin untuk mengumpulkan sejumput demi sejumput pengunjung baru. Mereka jadi tidak sabar, dan akhirnya berhenti.
Jangan sampai hal ini terjadi pada anda. Pahami dulu bahwa apa yang anda lakukan saat ini adalah sebuah proses. Jika anda harus mengumpulkan sedikit demi sedikit pengunjung, pahamilah bahwa itu hanya sementara. Semakin lama anda berjalan, tugas anda akan semakin ringan. Nanti saya akan jelaskan mengapa bisa demikian.
Nah, untuk mendatangkan pengunjung baru, anda bisa melakukan berbagai cara. Namun cara-cara yang menurut saya sangat efektif adalah:
- Sering berkomentar di blog lain
- Bertukar link dengan blogger lain
- Menyebarkan artikel anda di sebanyak mungkin tempat
- Mengoptimasi blog untuk meraih posisi teratas hasil pencarian google.
- Atau bahkan membeli traffic.
Cara-cara di atas sudah pernah saya lakukan hampir seluruhnya. Lalu, bagaimana cara terbaik melakukannya, nanti akan kita bahas di masing-masing strategi perolehan traffic tersebut.
Membuat Pengunjung Datang Kembali dan Kembali lagi
Setelah pengunjung baru datang, mereka akan membaca blog anda. Mulai dari sini urusan akan jadi panjang. Anda harus melihat kebelakang. Sebelum mereka datang, anda harus melakukan persiapan sedemikian rupa agar orang-orang yang sudah anda giring dengan susah payah ke blog anda, mau membaca dan menyukai content blog anda.
Mereka baru mau kembali ke blog anda jika content anda bermanfaat. Jika mereka tidak menemukan manfaat apapun di blog anda, maka jangan harap mereka akan kembali. Inilah tugas anda untuk dengan hati-hati memberikan apa yang benar- benar menjadi manfaat untuk para prospek anda. Berikan yang mereka mau, dan dijamin anda akan disukai.
Hal-hal yang bisa anda lakukan adalah:
- Buat topik yang menarik.
- Tulis headline yang memikat.
- Tulis artikel yang penuh manfaat.
Untuk pembahasan ini sudah kita korek habis-habisan di modul CONTENT.
Selain anda melihat ke belakang, anda juga harus melihat ke depan. Maksudnya apa? Sebelum pengunjung datang anda harus sudah menyediakan content yang menarik. Kita sudah tahu itu. Tapi bagaimana setelah pengunjung datang, apa yang bisa anda tawarkan ke mereka sehingga mereka mau kembali lagi? Bukan karena content, tapi karena hal lain.
Ciptakan “sesuatu” yang bisa membuat mereka agar mau datang lagi. Pikirkan sebaik-baiknya apa saja yang bisa anda lakukan untuk membuatnya kembali. Beberapa diantaranya, anda bisa lakukan:
- Kirim email ke mereka setiap artikel baru anda diposting.
- Tawarkan bonus untuk mereka yang berpartisipasi komentar.
- Buat kuis atau questionaire di blog anda.
Sebenarnya ada banyak cara kreatif lainnya. Nanti kita akan bahas tuntas soal ini. Tapi yang paling penting adalah, semua pengunjung berulang anda pada mulanya adalah pengunjung baru. Tugas anda sebagai pemilik blog adalah, menyulap sebanyak mungkin pengunjung baru menjadi pengunjung berulang. Semakin tinggi prosentasenya, maka akan semakin besar pula jumlah pengunjung berulang yang anda terima. Dan semakin epat pertumbuhan traffic blog anda.
Repeat Visitors = N% x New Visitors
Di mana N adalah prosentase perubahan pengunjung baru menjadi pengunjung berulang.
Mari kita bahas dalam contoh:
Misalnya dari usaha periklanan, seo, dan sebagainya anda bisa mendatangkan 100 pengunjung baru setiap hari. Kita asumsikan, 100 adalah jumlah pengunjung baru setiap hari. Jika di setiap 100 pengunjung anda bisa menyulap 10%nya menjadi pengunjung berulang, maka hari berikutnya anda akan memiliki 10 orang (10% x 100) pengunjung berulang. Sehingga total pengunjung anda hari itu adalah 110 orang.
Hari berikutnya, rumus yang sama akan terjadi lagi. Begitu seterusnya hingga anda memiliki lebih banyak pengunjung berulang.
- Hari 1: 100
- Hari 2: 100 + (10% x 100) = 110
- Hari 3: 100 + 10 + (10% x 100) = 120
- Hari 4: 100 + 10 + 10 + (10% x 100) = 130 dan seterusnya.
Dan semakin lama ini berlangsung, anda akan punya jauh lebih banyak repeat visitor daripada new visitor hasil promosi anda. Jika kita rumuskan, pengunjung harian anda adalah seperti ini:
Daily Visitors = New Visitors + Repeat Visitors
Semakin besar prosentase convert/sulap anda, maka akan semakin banyak pengunjung berulang yang anda punya. Dan hanya dengan cara inilah anda bisa mendapatkan tambahan traffic baru dan semakin bertambah setiap hari. Selain itu, pengunjung berulang adalah aset anda yang sangat berharga, karena di antara mereka akan lahir pengunjung-pengunjung loyal yang akan membantu anda menghasilkan pengunjung-pengunjung baru lebih banyak lagi.
Membuat pengunjung menjadi loyal kepada anda
Sampailah kita pada tahap mendapatkan pengunjung loyal. Yaitu mereka yang setiap berkunjung setiap hari ke blog anda, membaca artikel-artikel anda, mengomentari artikel anda, menjawabi komentar pengunjung lain, merekomendasikan log anda di blog mereka, membela anda terhadap tuduhan miring yang ditujukan pada anda, dan sebagainya.
Tugas anda di tahap ini adalah memikirkan bagaimana membuat setiap pengunjung rutin anda menjadi sahabat terbaik anda. Keberadaan anda di blog ini adalah untuk setulusnya membantu mereka, demi keberhasilan mereka dan mereka harus tahu itu.
Jika mereka sudah merasakan niat baik anda, merasakan manfaat nyata, tanpa anda memaksakan kehendak untuk setia kepada anda pun, mereka akan dengan senang hati menjadi pengunjung loyal anda. Mereka akan senang menyiarkan pada teman-teman dan orang-orang terdekat mereka bahwa blog anda bagus. Ini artinya mereka merekomendasikan blog anda untuk dikunjungi.
Cara ini jauh lebih efektif dibanding anda sendiri yang meminta pengunjung lain untuk datang ke blog anda.
Dan, yang lebih beruntung lagi, jika yang merekomendasikan blog anda adalah blogger-blogger populer. Saya yakin dalam sekejap mereka akan membuat blog anda kebanjiran traffic. Karena siapapun yang menyukai artikel anda akan membuat link artikel-artikel anda di situs web atau blog mereka. Ini sudah jadi channel yang bagus untuk blog anda.
Untuk membangun pengunjung tipe ini, saya tidak akan coba berikan rumusannya terlebih dahulu. Nanti ada bagian khusus yang membahas persoalan ini. Contoh-contoh strateginya juga bisa anda dapatkan pada modul selanjutnya - TRAFFIC 2. Saya ingin anda terus merasa penasaran. Mohon maaf.
Jika anda sudah menghasilkan ribuan pengunjung, selanjutnya anda tentu harus berupaya keras menjaga jaringan yang sudah ada ini. Jangan pernah lengah sedikitpun. Tetaplah menulis content secara teratur dan jangan sampai content anda kedodoran. Karena, makin banyak pengunjung, makin banyak mata yang memperhatikan blog anda. Jaga kualitas dan performa blog anda. Agar, kabar yang tersiar tentang blog anda selalu bernada positif.
Ini cara yang digunakan para superbloggeruntuk mendapat traffic yang luar biasa tinggi
dalam hitungan bulan. Ya, tak jarang, baru beberapa bulan launching, blog mereka sudah memiliki hits atau jumlah kunjungan yang sangat besar. Salah satu rahasianya ya itu tadi. Mereka membuat content-content yang sangat menarik dan bisa memikat banyak hati. Barulah saluran komunikasi diantara pengunjung dan calon pengunjung terbuka lebar. Biarkan pengunjung-pengunjung anda menulis tentang anda dan artikel-artikel anda di blog mereka!
Atau, yang lebih menarik lagi, jika pengunjung yang sudah terkesima dengan blog anda mereka akan menulis di forum-forum diskusi. Bayangkan, berapa banyak orang lagi yang akan membaca tentang blog anda. Tanpa anda perlu gembar-gembor ke sana ke mari untuk mempublikasikan blog anda. Orang lain yang akan bekerja untuk anda! Dimanapun tempatnya jurus ini selalu berhasil. Yang anda perlukan cuma blog yang baik dan berguna di mata pengunjung. Itu saja modal awal anda.
Pengunjung adalah pangsa pasar anda. Mereka yang akan memutuskan untuk nantinya membeli produk anda atau tidak. Mereka yang nantinya akan mengklik iklan anda. Tapi, yang pasti, dengan cara seperti ini anda tidak perlu melancarkan strategi marketing yang susah-susah. Lebih baik menjaga kualitas content daripada menggaet banyak pembeli. Karena yang harus anda terapkan adalah brand image terlebih dahulu. Ya, anda harus menancapkan citra diri blog anda lebih dahulu. Urusan pembeli, pikirkan nanti. Yang penting blog anda banyak yang suka.
Sebuah blog terkenal biasanya memiliki jaringan dengan blog lain yang juga terkenal. Mereka saling berbagi cerita satu sama lain. Tentunya, saling berbagi pengunjung juga. Dan, hubungan yang dijalin ini tentu selamanya simbiosis mutualisme, menghasilkan sesuatu yang saling menguntungkan. Misalnya, saya mencoba untuk menggiring pembaca saya ke blog anda. Karena kita memiliki hubungan profesional yang baik. Saya menganjurkan pembaca saya untuk melihat tampilan blog anda yang bagus. Ya, karena anda adalah seorang programmer web yang handal. Sebaliknya, anda harus menganjurkan pengunjung anda untuk membaca content-content saya. Dan, katakan bahwa saya memiliki content yang menginspirasi dan memotivasi. Itu cuma contoh kalau anda ingin bekerja sama dengan blogger lain.
Ingat, semua blog terkenal itu tidak langsung terkenal pada awalnya. Top blogger juga berusaha sekuat tenaga untuk menjadikan blog mereka terkenal. Bahkan, pada hari pertama launching bisa saja tak ada pengunjung satu pun yang menghampiri mereka. Begitu juga saya. Dalam hari pertama launching blog, saya hanya dikunjungi beberapa gelintir orang.
Saat itu saya tidak terlalu cepat memasang target tinggi. Saya hanya bertekad untuk fokus dan mengerahkan energi secukupnya untuk blog saya. Yang penting saya sudah mematok target untuk menjadi top blogger. Nah, dengan demikian pelan-pelan usaha saya membuahkan hasil.
Dan yang selalu saya ingat, lebih penting menjaga kualitas blog daripada menggaet sebanyak mungkin traffic. Content harus selalu didahulukan, karena yang dikabarkan orang-orang adalah kata-kata yang saya tulis. Bukan gambar yang saya pasang di blog saya. Dan, saya lebih baik membagikan ilmu-ilmu yang saya punya dari pada saya melancarkan usaha marketing dan menggaet pembeli.
Masih ingat rumus repeat visitors? Pengunjung berulang adalah prosentase pengunjung baru yang kembali lagi. Bagaimana mereka mau kembali jika content blog anda dangkal, membosankan, bahkan tidak membawa manfaat. Sebanyak apapun pengunjung baru yang anda giring ke blog, ratusan, atau ribuan... semua dari mereka tidak akan kembali jika konversi repeat visitors anda 0%. Sekali lagi, kunci repeat visitor ada di content.
Orang yang sudah membeli produk saya mungkin tak akan kembali ke blog saya. Tapi, pembaca setia blog saya akan terus kembali pada saya. Meskipun hari ini dia tidak membeli produk saya, saya percaya di kemudian hari ia akan beli produk saya juga.
Kenapa? Semakin anda memberikan banyak ilmu pada seseorang, orang itu pasti semakin pintar. Dan orang yang pintar pasti selalu ingin belajar lebih banyak dan lebih banyak lagi. Dan hanya produk saya yang bisa menjawab keingintahuan mereka.
Targetkan Yang Besar, Lakukan Hal-Hal Yang Kecil
Seperti yang sering saya katakan, semua hal besar dimulai dari langkah-langkah kecil. Untuk mendapatkan gelombang traffic yang besar, anda harus memulainya dengan menarik sekumpulan traffic kecil. Ingat, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit? Anda cuma perlu kesabaran dan konsistensi. Setiap hari anda perlu punya fokus, apa saja yang harus dikerjakan hari ini? Sebisa mungkin ya lakukanlah dengan segera! Jangan menunggu segalanya sempurna dulu. Anda akan bisa membenahinya sambil jalan nanti.
Misal, anda segera lakukan:
1. Membuat blog dan mulai mengumpulkan bahan untuk membuat content yang bagus.
2. Berkomentar di blog lain.
3. Menjalin kerjasama dengan blogger lain, dsb.
Caranya ya seperti yang tadi saya bilang. Dari teman ke teman dulu. Yang penting ada orang lain yang tahu bahwa blog anda eksis. Lalu, gali blog anda lebih dalam. Apa sih yang blog anda punya sampai bisa memikat orang lain untuk datang? Siapa saja yang kira-kira tertarik dengan content anda? Mereka inilah yang punya minat lebih besar mendatangi blog anda dibanding orang lain. Lalu, bagaimana cara menghubungkan link blog anda dengan blog yang lain? Atau bahkan jika perlu, anda cari cara untuk menghubungkan blog anda dengan media-media online lain yang punya banyak traffic.
Bisa juga dengan cara mendaftarkan artikel blog anda ke ezine dan biarkan mereka menyebarluaskan content anda. Atau, cari kenalan seorang wartawan. Dan, yakinkan mereka bahwa anda perlu diwawancarai. Tentu untuk menuju poin ini anda harus punya sesuatu yang memang patut dipublikasikan. Intinya, buatlah diri anda terkenal. Gali caracara terbaik yang bisa membuat diri anda populer.
Hal-hal di atas mau tidak mau harus anda lakukan. Agar, anda punya fokus yang jelas dalam mengembangkan blog anda. Jika langkah awal ini sudah berhasil anda lakukan, saya sangat optimis anda bisa mendapat traffic yang anda mau. Strategi yang saya anjurkan ini biasnaya disebut viral marketing atau bahasa jawanya, gethok tular. Ya, words of mouth. Meski sebenarnya tak ada resep spesial untuk memiliki blog dengan traffic membludak. Yang terpenting anda sanggup untuk terus konsisten menulis content bagus dan merespon pengunjung-pengunjung anda.
Jalin Persahabatan
Saya di atas sudah jelaskan bahwa salah satu cara mempopulerkan blog adalah dengan menjalin simbiosis mutualisme dengan blogger yang sudah lebih dulu populer. Tidak bisa dipungkiri. Salah satu kunci kenapa blog saya bisa bertraffic tinggi adalah dengan menumpang kepopuleran blogger lain. Saya bekerja sama dengan si empunya blogger dengan memasang iklan di sana. Waktu itu saya berani pasang iklan karena saya sudah punya anggaran untuk iklan.
Nah, kalau anda belum memiliki anggaran untuk iklan, baiknya anda gunakan cara berikut ini untuk membuat blog anda terhubung dengan blog populer tersebut.
1. Kontak si empunya blog. Jalin persahabatan dan tawarkan kerja sama yang saling menguntungkan. Anda bisa cari apa saja yang dibutuhkan si blogger dan tawarkan. Lihat apakah si blogger tertarik untuk menanggapi anda? Apakah anda mendapat respon? Orang lebih suka membaca blog milik orang yang sudah mereka kenal. Ada unsur kedekatan yang merekatkan mereka dengan blog anda
2. Tautkan link artikel ke blog mereka. Jika anda ingin artikel anda mendapat link di blog mereka, anda juga harus membuat link di blog anda menuju artikel mereka.
Beritahukan pada mereka bahwa anda selalu tertarik membaca content mereka dan menambahkan link mereka di blog anda. Dan, biasanya blogger tertarik bertukar link dengan anda jika anda membuat content yang bisa menarik perhatian pengunjung mereka.
Meski kadang-kadang cara-cara di atas hanya bisa menghasilkan traffic melimpah di masa awal blog anda mulai online. Tapi saya kira itu cara yang baik untuk mengenalkan blog anda pada dunia. Selanjutnya jika anda tak ingin menjaga hubungan baik dengan blogger tadi, bisa saja kerja sama anda terputus di tengah jalan. Tapi, selama anda sudah bisa memperoleh target trafic anda sendiri, ini bukan masalah besar. Karena anda sudah bisa berdiri sendiri tanpa perlu bantuan orang lain, bukan?
Sebenarnya cara-cara di atas sudah sering dipraktekkan para blogger. Ya, terbilang teori klasik. Tapi itu terbukti sangat ampuh. Saya pun seing melakukannya. Kalau anda masih kurang puas dengan strategi di atas, anda bisa melakukannya dengan cara anda sendiri.
Misalnya:
1. Pasang saja link mereka di blog anda.
Jangan pedulikan reaksi mereka. Entah mereka akan memasang link balik terhadap artikel anda ataupun tidak, jangan khawatirkan itu dulu. Semakin anda sering memunculkan link mereka di artikel anda, anda akan tertangkap di ”radar” mereka. Mau tidak mau kalau anda sudah berbuat baik pada anda, mereka pasti akan melirik blog anda. Dan, mungkin mereka akan mempertimbangkan untuk memasang link anda di blog mereka. Apalagi jika anda memiliki content yang berharga untuk dihubungkan.
2. Perkenalkan diri anda melalui email .
Kirim email untuk blogger lain. Ingat, maksud anda mengirim email hanya untuk menjalin hubungan baik. Tidak untuk yang lain. Sapa mereka dan katakan bahwa anda menyukai content mereka. Katakan sejujurnya apa yang membuat anda tertarik dengan blog yang mereka punya.
Ini bisa jadi fondasi yang bagus untuk menjalin hubungan baik. Bahkan bukan cuma itu anda bisa bersahabat lebih jauh dari email yang sederhana ini. Jika sudah bersahabat, sangat mungkin selanjutnya kerja sama bisnis akan terjalin juga.
3. Kirimi email pada top blogger setelah anda membuat artikel yang benar-benar bagus.
Salah satu cara yang kerap digunakan para top blogger adalah mengabarkan pada blogger lain bahwa mereka telah menulis content yang bagus. Anda bisa meniru cara ini. Setelah anda yakin content anda memikat, segera kirim email pada top blogger. Terserah, siapa saja yang akan anda hubungi. Entah 5 blogger atau bahkan 30 blogger sekaligus. Jangan langsung meminta mereka untuk memberikan
link ke artikel anda. Biarkan saja mereka menilai apakah content anda benarbenar bagus dan patut dipajang di blog mereka atau tidak.
4. Wawancara
Salah satu trik paling berhasil dalam meraih traffic adalah dengan metode wawancara. Caranya, anda mewancarai para top blogger dan memajang hasil wawancara itu diblog anda sendiri. Tentunya orang-orang yang anda wawancara bukan asal top blogger. Tapi, pesohor blog yang berhubungan dengan tema blog dan content anda. Dalam wawancara ini anda bisa menggali poin-poin penting yang selama ini menjadi rahasia pribadi narasumber. Menariknya, anda bisa menyebarluaskan rahasia ini pada orang lain.
Siapa yang tidak tertarik dengan rahasia orang lain? Apalagi rahasia kesuksesan. Dengan cara ini pula anda bisa lebih mengakrabkan diri dengan para top blogger. Tidak ada ruginya berteman dengan orang terkenal, anda setuju? Yang ada justru kita lebih diuntungkan.
5. Wawancara podcast
Podcast secara teknis lebih menantang dari pada blogging. Karena yang anda posting bukan artikel atau bentuk tulisan tapi suara anda. Audio anda yang jadi andalan blog. Biasanya podcast berisi rekaman audio tutorial tentang suatu tema atau masalah tertentu. Nah, anda bisa memanfaatkan narasumber anda dan menampilkan hasil wawancara di blog anda.
Podcast jauh lebih meyakinkan daripada rekap wawancara. Karena pengunjung bisa langsung mendengar suara si top blogger. Mereka jadi lebih yakin pada anda karena podcast relatif lebih sedikit diedit daripada rekap hasil wawancara. Jadi yang anda tampilkan ya benar-benar apa adanya. Suara anda juga bisa ikut terdengar di podcast tersebut.
Well, segala cara baiknya anda coba untuk mendapatkan traffic yang melimpah. Dan, satu hal yang patut anda ingat, jika anda ingin diperhatikan orang lain, anda juga harus memperhatikan orang lain. Nah, cara-cara menjalin persahabatan yang saya terangkan di atas bisa jadi metode untuk meraih perhatian blogger lain. Terlebih jika anda menginginkan blog anda menghasilkan uang. Jangan sungkan bergaul dan gaet sebanyak mungkin teman online.
Memanfaatkan kepopuleran blog orang lain bukanlah barang aneh di dunia blogging. Anda sah-sah saja nebeng popularitas. Tidak ada aturan yang melarang. Apalagi jika anda blogger pemula. Bahkan, jika anda tidak berusaha membangun relasi dengan blogger dan tidak mau proaktif mencuri perhatian blogger lain, anda tak akan bisa mendapatkan traffic yang anda inginkan. Tidak ada orang yang bisa hidup sendiri. begitu pula dengan blog anda, tidak akan eksis tanpa kehadiran pengunjung, bukan?
Efek Kekuatan Jaringan
Persahabatan itu selamanya indah. Anda paham maksud saya? Begini, menjalin hubungan pertemanan dengan seseorang sudah pasti tak akan merugikan. Saya yakini hal itu selama teman-teman anda adalah orang-orang yang baik. Bukan orang yang suka menjerumuskan anda.
Teman bisa memberikan anda banyak hal. Dia bisa jadi tempat berbagi, dan anda tidak akan merasa sendirian dalam hidup anda. Pernah anda membayangkan hidup sendirian? Wah, hati-hati kalau anda bertekad untuk hidup seorang diri. Anda bisa kesepian. Dan, konon, rasa sepi itu bisa membunuh.
Nah, begitu juga dengan persahabatan online anda. Teman-teman blogger anda kadang memberikan lebih dari yang anda kira bisa mereka berikan. Mereka tidak membaca content anda dan berkomentar, tetapi juga merekomendasikan blog anda ke teman-tean mereka. Bagaimana jika anda punya banyak teman yang seperti itu? Pasti hasilnya akan luar biasa untuk blog anda.
Rekomendasi ini sangat penting bagi anda. Karena, rekomendasi dari seseorang yang sudah populer menunjukkan anda memiliki kredibilitas yang mumpuni. Hasilnya, anda akan mendapatkan perhatian bukan cuma dari satu orang, tapi ribuan orang.
Pada dasarnya, blogging adalah seni membangun jaringan. Seorang blogger yang sukses tidak hanya diukur dari seberapa besar ia memperoleh penghasilan dari usaha bloggingnya, tapi juga diukur dari seberapa banyak hits yang ia punya. Juga seberapa tinggi traffic yang berhasil ia kumpulkan. Yang nantinya otomatis traffic itu berpengaruh terhadap penghasilan yang diterima.
Baiklah... saya rasa anda sudah paham mengenai rumusan dasar traffic untuk blog. Kalau sudah mengerti, tak usah tunggu lama. Segera praktekkan! Agar anda bisa segera tahu hasilnya.
------------------------
Nah demikian tadi Berbagai Cara Menjaring Traffic Melimpah untuk Blog Anda. Semoga bermanfaat. Share artikel Berbagai Cara Menjaring Traffic Melimpah untuk Blog Anda ini ke teman blogger anda ya?
Sukses
Berbagai Cara Menjaring Traffic Melimpah untuk Blog Anda
Yuk kita bahas Berbagai Cara Menjaring Traffic Melimpah untuk Blog Anda. Artikel ini referensi dari sebuah ebook lama karya Joko Susilo berjudul Rahasia Blogging. Simak yuk?
PEMAHAMAN DASAR TENTANG MENJARING TRAFFIC UNTUK BLOG
Sampai hari ini, sudah berapa pengujung blog anda? Sudah mencapai angka 100? 500? Apa anda puas dengan kunjungan 500 orang per hari? Saya harap jawaban anda belum puas. Pengguna internet setiap harinya bisa mencapai jutaan orang. Kenapa anda puas dikunjungi 500 orang saja?
Di Indonesia saja tak kurang dari 5 juta orang menggunakan internet dalam sehari. Kalau yang mengunjungi anda cuma 500 orang, berarti blog anda masih jauh dari ramai. Dan, bagaimana anda bisa mendapatkan banyak penghasilan jika yang datang pada anda hanya segelintir orang?
Anda harus memiliki pengunjung loyal yang setiap hari setia ‘menyatroni’ blog anda, memberi komentar, dan membeli produk-produk anda. Cuma itu kuncinya kalau anda ingin mendapatkan penghasilan melimpah dari blogging. Tidak hanya gelar superblogger yang akan membuntuti anda, tapi uang dan kesuksesan akan mengitari anda.
Untuk membuat blog anda sukses besar, anda tak boleh sembarangan melangkah. Anda perlu panduan yang jelas dan bertahap menuju tangga kesuksesan blogging anda. Anda tak akan bisa meraih sukses secepat kilat. Tapi, bukan berarti anda perlu waktu yang sangat lama untuk menuju puncak kesuksesan. Jalan kesuksesan tak serumit yang anda bayangkan. Anda cuma perlu rencana dan langkah taktis.
Oke... sekarang langsung saja kita mulai dengan cara mendongkrak jumlah pengunjung anda.
Strategi Terurut Mendatangkan Pengunjung
Pernah saya katakan di blog kalau “banyak teman, banyak rejeki”. Artinya, makin banyak kawan, semakin kuat benteng pertahanan bisnis anda. Sama seperti strategi perang, makin banyak prajurit yang anda punya, semakin besar peluang anda memenangkan pertarungan. Untuk memiliki bisnis yang awet dan tahan lama, jangan pernah ragu meluaskan jaringan. Tentu jika jaringan anda sudah luas, anda perlu mengokohkannya.
Nah berikut ini tiga tipe pengunjung yang akan meramaikan blog anda. Diantaranya:
1. Pengunjung baru. Mereka ini adalah pengunjung yang baru pertama kali datang ke blog anda. Mereka datang mungkin karena mengklik iklan anda, menklik link anda di komentar, atau mungkin karena diberitahu oleh temannya. Yang perlu diketahui, mereka datang karena tertarik dengan iklan blog anda. Karena itu penting jangan sampai membuat mereka kecewa.
2. Pengunjung Berulang. Mereka adalah pengunjung yang sebelumnya pernah datang dan kembali lagi ke blog anda. Mereka datang kembali karena ingin membaca artikel terbaru anda. Atau mungkin ingin bertanya pada anda. Jangan kecewakan mereka. Sajikan konten secara teratur. Dan jawab pertanyaan mereka. Mereka ikut menyumbang traffic melimpah pada blog anda.
3. Pengunjung loyal. Inilah pengunjung inti blog anda. Mereka sangat rajin datang ke blog anda. Sehari bahkan bisa berkali-kali. Setiap mereka berinternet, blog anda menjadi salah satu tempat kunjungan wajib. Mereka rajin memberikan komentar di blog anda, mereka terdaftar sebagai subscriber newsletter anda, dan mereka tanpa segan mempromosikan blog anda melalui blog mereka. Merekalah aset istimewa blog anda. Jangan sia-siakan. Berikan perhatian lebih pada mereka.
Jika anda perhatikan, sebenarnya ketiga tipe pengunjung itu saling berkaitan. Pengunjung baru akan jadi pengunjung berulang, dan pengunjung berulang akan jadi pengunjung loyal. Jika dibuat rumusan, gambarannya seperti ini:
Visitor Evolution
New Visitor >> Repeat Visitor >> Loyal Visitor
New Visitor = Pengunjung baru yang datang ke blog anda karena iklan, search engine, dan kegiatan promosi lainnya.
Repeat Visitor = Pengunjung berulang, kembali lagi karena menyukai content anda.
Loyal Visitor = Pengunjung loyal, yang selalu kembali dan membawa banyak pengunjung baru untuk anda.
---------------
Intermezzo
Download Rahasia 9 CopyWriting CheckList untuk Meningkatkan Penjualan Produk Anda Laris Download disini
Download Ebook Gratis Mindset Copywriting di Era Digital pdf Download KLIK DISINI
5 Bahasa Hipnotik Selling Milton Model dan Contoh-Contohnya Download KLIK DISINI
Teknik Hypnoselling Menciptakan Trance Sebelum Persuasif Download KLIK DISINI
--------------
Lanjut Bahas Berbagai Cara Menjaring Traffic Melimpah untuk Blog Anda
Download Rahasia 9 CopyWriting CheckList untuk Meningkatkan Penjualan Produk Anda Laris Download disini
Download Ebook Gratis Mindset Copywriting di Era Digital pdf Download KLIK DISINI
5 Bahasa Hipnotik Selling Milton Model dan Contoh-Contohnya Download KLIK DISINI
Teknik Hypnoselling Menciptakan Trance Sebelum Persuasif Download KLIK DISINI
Definisi & Pengertian Apa Itu HypnoSelling & Manfaatnya Download KLIK DISINI
Download Emak-Emak Super Jago Jualan Laris Dapat Duit Tidak Bergantung Suami Download KLIK DIISNI
Download Belajar Bahasa Hipnotik untuk Penjualan Laris Manis untung Besar DOWNLOAD KLIK DISINI
Download Cara Menghadapi Konsumen/ Calon Pembeli yang Jutek Nyinyir Cerewet Ngeselin & Suka Komplain DOWNLOAD KLIK DISINI
--------------
Lanjut Bahas Berbagai Cara Menjaring Traffic Melimpah untuk Blog Anda
Mari kita bahas soal ini lebih detail lagi.
Mendatangkan Pengunjung Baru
Jika anda baru memulai blog, tugas awal anda sebagai seorang blogger adalah mendatangkan pengunjung baru. Pada posisi ini, blog anda belum dikenal. Orang tidak tahu akan keberadaan blog anda. Di sini, anda tidak bisa mengharapkan rekomendasi dari siapapun agar ada orang baru mengunjungi dan membaca materi blog anda.
Ini adalah tahap paling membosankan dan menyita waktu. Saya tidak bilang tahap ini sulit... karena memang cara mendatangkan pengunjung baru itu mudah. Namun anda butuh konsistensi. Akibatnya, karena pekerjaan ini mudah namun harus dilakukan secara konsisten, kebanyakan blogger akan menjadi bosan. Mereka merasa harus melakukan kegiatan rutin untuk mengumpulkan sejumput demi sejumput pengunjung baru. Mereka jadi tidak sabar, dan akhirnya berhenti.
Jangan sampai hal ini terjadi pada anda. Pahami dulu bahwa apa yang anda lakukan saat ini adalah sebuah proses. Jika anda harus mengumpulkan sedikit demi sedikit pengunjung, pahamilah bahwa itu hanya sementara. Semakin lama anda berjalan, tugas anda akan semakin ringan. Nanti saya akan jelaskan mengapa bisa demikian.
Nah, untuk mendatangkan pengunjung baru, anda bisa melakukan berbagai cara. Namun cara-cara yang menurut saya sangat efektif adalah:
- Sering berkomentar di blog lain
- Bertukar link dengan blogger lain
- Menyebarkan artikel anda di sebanyak mungkin tempat
- Mengoptimasi blog untuk meraih posisi teratas hasil pencarian google.
- Atau bahkan membeli traffic.
Cara-cara di atas sudah pernah saya lakukan hampir seluruhnya. Lalu, bagaimana cara terbaik melakukannya, nanti akan kita bahas di masing-masing strategi perolehan traffic tersebut.
Membuat Pengunjung Datang Kembali dan Kembali lagi
Setelah pengunjung baru datang, mereka akan membaca blog anda. Mulai dari sini urusan akan jadi panjang. Anda harus melihat kebelakang. Sebelum mereka datang, anda harus melakukan persiapan sedemikian rupa agar orang-orang yang sudah anda giring dengan susah payah ke blog anda, mau membaca dan menyukai content blog anda.
Mereka baru mau kembali ke blog anda jika content anda bermanfaat. Jika mereka tidak menemukan manfaat apapun di blog anda, maka jangan harap mereka akan kembali. Inilah tugas anda untuk dengan hati-hati memberikan apa yang benar- benar menjadi manfaat untuk para prospek anda. Berikan yang mereka mau, dan dijamin anda akan disukai.
Hal-hal yang bisa anda lakukan adalah:
- Buat topik yang menarik.
- Tulis headline yang memikat.
- Tulis artikel yang penuh manfaat.
Untuk pembahasan ini sudah kita korek habis-habisan di modul CONTENT.
Selain anda melihat ke belakang, anda juga harus melihat ke depan. Maksudnya apa? Sebelum pengunjung datang anda harus sudah menyediakan content yang menarik. Kita sudah tahu itu. Tapi bagaimana setelah pengunjung datang, apa yang bisa anda tawarkan ke mereka sehingga mereka mau kembali lagi? Bukan karena content, tapi karena hal lain.
Ciptakan “sesuatu” yang bisa membuat mereka agar mau datang lagi. Pikirkan sebaik-baiknya apa saja yang bisa anda lakukan untuk membuatnya kembali. Beberapa diantaranya, anda bisa lakukan:
- Kirim email ke mereka setiap artikel baru anda diposting.
- Tawarkan bonus untuk mereka yang berpartisipasi komentar.
- Buat kuis atau questionaire di blog anda.
Sebenarnya ada banyak cara kreatif lainnya. Nanti kita akan bahas tuntas soal ini. Tapi yang paling penting adalah, semua pengunjung berulang anda pada mulanya adalah pengunjung baru. Tugas anda sebagai pemilik blog adalah, menyulap sebanyak mungkin pengunjung baru menjadi pengunjung berulang. Semakin tinggi prosentasenya, maka akan semakin besar pula jumlah pengunjung berulang yang anda terima. Dan semakin epat pertumbuhan traffic blog anda.
Repeat Visitors = N% x New Visitors
Di mana N adalah prosentase perubahan pengunjung baru menjadi pengunjung berulang.
Mari kita bahas dalam contoh:
Misalnya dari usaha periklanan, seo, dan sebagainya anda bisa mendatangkan 100 pengunjung baru setiap hari. Kita asumsikan, 100 adalah jumlah pengunjung baru setiap hari. Jika di setiap 100 pengunjung anda bisa menyulap 10%nya menjadi pengunjung berulang, maka hari berikutnya anda akan memiliki 10 orang (10% x 100) pengunjung berulang. Sehingga total pengunjung anda hari itu adalah 110 orang.
Hari berikutnya, rumus yang sama akan terjadi lagi. Begitu seterusnya hingga anda memiliki lebih banyak pengunjung berulang.
- Hari 1: 100
- Hari 2: 100 + (10% x 100) = 110
- Hari 3: 100 + 10 + (10% x 100) = 120
- Hari 4: 100 + 10 + 10 + (10% x 100) = 130 dan seterusnya.
Dan semakin lama ini berlangsung, anda akan punya jauh lebih banyak repeat visitor daripada new visitor hasil promosi anda. Jika kita rumuskan, pengunjung harian anda adalah seperti ini:
Daily Visitors = New Visitors + Repeat Visitors
Semakin besar prosentase convert/sulap anda, maka akan semakin banyak pengunjung berulang yang anda punya. Dan hanya dengan cara inilah anda bisa mendapatkan tambahan traffic baru dan semakin bertambah setiap hari. Selain itu, pengunjung berulang adalah aset anda yang sangat berharga, karena di antara mereka akan lahir pengunjung-pengunjung loyal yang akan membantu anda menghasilkan pengunjung-pengunjung baru lebih banyak lagi.
Membuat pengunjung menjadi loyal kepada anda
Sampailah kita pada tahap mendapatkan pengunjung loyal. Yaitu mereka yang setiap berkunjung setiap hari ke blog anda, membaca artikel-artikel anda, mengomentari artikel anda, menjawabi komentar pengunjung lain, merekomendasikan log anda di blog mereka, membela anda terhadap tuduhan miring yang ditujukan pada anda, dan sebagainya.
Tugas anda di tahap ini adalah memikirkan bagaimana membuat setiap pengunjung rutin anda menjadi sahabat terbaik anda. Keberadaan anda di blog ini adalah untuk setulusnya membantu mereka, demi keberhasilan mereka dan mereka harus tahu itu.
Jika mereka sudah merasakan niat baik anda, merasakan manfaat nyata, tanpa anda memaksakan kehendak untuk setia kepada anda pun, mereka akan dengan senang hati menjadi pengunjung loyal anda. Mereka akan senang menyiarkan pada teman-teman dan orang-orang terdekat mereka bahwa blog anda bagus. Ini artinya mereka merekomendasikan blog anda untuk dikunjungi.
Cara ini jauh lebih efektif dibanding anda sendiri yang meminta pengunjung lain untuk datang ke blog anda.
Dan, yang lebih beruntung lagi, jika yang merekomendasikan blog anda adalah blogger-blogger populer. Saya yakin dalam sekejap mereka akan membuat blog anda kebanjiran traffic. Karena siapapun yang menyukai artikel anda akan membuat link artikel-artikel anda di situs web atau blog mereka. Ini sudah jadi channel yang bagus untuk blog anda.
Untuk membangun pengunjung tipe ini, saya tidak akan coba berikan rumusannya terlebih dahulu. Nanti ada bagian khusus yang membahas persoalan ini. Contoh-contoh strateginya juga bisa anda dapatkan pada modul selanjutnya - TRAFFIC 2. Saya ingin anda terus merasa penasaran. Mohon maaf.
Jika anda sudah menghasilkan ribuan pengunjung, selanjutnya anda tentu harus berupaya keras menjaga jaringan yang sudah ada ini. Jangan pernah lengah sedikitpun. Tetaplah menulis content secara teratur dan jangan sampai content anda kedodoran. Karena, makin banyak pengunjung, makin banyak mata yang memperhatikan blog anda. Jaga kualitas dan performa blog anda. Agar, kabar yang tersiar tentang blog anda selalu bernada positif.
Ini cara yang digunakan para superbloggeruntuk mendapat traffic yang luar biasa tinggi
dalam hitungan bulan. Ya, tak jarang, baru beberapa bulan launching, blog mereka sudah memiliki hits atau jumlah kunjungan yang sangat besar. Salah satu rahasianya ya itu tadi. Mereka membuat content-content yang sangat menarik dan bisa memikat banyak hati. Barulah saluran komunikasi diantara pengunjung dan calon pengunjung terbuka lebar. Biarkan pengunjung-pengunjung anda menulis tentang anda dan artikel-artikel anda di blog mereka!
Atau, yang lebih menarik lagi, jika pengunjung yang sudah terkesima dengan blog anda mereka akan menulis di forum-forum diskusi. Bayangkan, berapa banyak orang lagi yang akan membaca tentang blog anda. Tanpa anda perlu gembar-gembor ke sana ke mari untuk mempublikasikan blog anda. Orang lain yang akan bekerja untuk anda! Dimanapun tempatnya jurus ini selalu berhasil. Yang anda perlukan cuma blog yang baik dan berguna di mata pengunjung. Itu saja modal awal anda.
Pengunjung adalah pangsa pasar anda. Mereka yang akan memutuskan untuk nantinya membeli produk anda atau tidak. Mereka yang nantinya akan mengklik iklan anda. Tapi, yang pasti, dengan cara seperti ini anda tidak perlu melancarkan strategi marketing yang susah-susah. Lebih baik menjaga kualitas content daripada menggaet banyak pembeli. Karena yang harus anda terapkan adalah brand image terlebih dahulu. Ya, anda harus menancapkan citra diri blog anda lebih dahulu. Urusan pembeli, pikirkan nanti. Yang penting blog anda banyak yang suka.
Sebuah blog terkenal biasanya memiliki jaringan dengan blog lain yang juga terkenal. Mereka saling berbagi cerita satu sama lain. Tentunya, saling berbagi pengunjung juga. Dan, hubungan yang dijalin ini tentu selamanya simbiosis mutualisme, menghasilkan sesuatu yang saling menguntungkan. Misalnya, saya mencoba untuk menggiring pembaca saya ke blog anda. Karena kita memiliki hubungan profesional yang baik. Saya menganjurkan pembaca saya untuk melihat tampilan blog anda yang bagus. Ya, karena anda adalah seorang programmer web yang handal. Sebaliknya, anda harus menganjurkan pengunjung anda untuk membaca content-content saya. Dan, katakan bahwa saya memiliki content yang menginspirasi dan memotivasi. Itu cuma contoh kalau anda ingin bekerja sama dengan blogger lain.
Ingat, semua blog terkenal itu tidak langsung terkenal pada awalnya. Top blogger juga berusaha sekuat tenaga untuk menjadikan blog mereka terkenal. Bahkan, pada hari pertama launching bisa saja tak ada pengunjung satu pun yang menghampiri mereka. Begitu juga saya. Dalam hari pertama launching blog, saya hanya dikunjungi beberapa gelintir orang.
Saat itu saya tidak terlalu cepat memasang target tinggi. Saya hanya bertekad untuk fokus dan mengerahkan energi secukupnya untuk blog saya. Yang penting saya sudah mematok target untuk menjadi top blogger. Nah, dengan demikian pelan-pelan usaha saya membuahkan hasil.
Dan yang selalu saya ingat, lebih penting menjaga kualitas blog daripada menggaet sebanyak mungkin traffic. Content harus selalu didahulukan, karena yang dikabarkan orang-orang adalah kata-kata yang saya tulis. Bukan gambar yang saya pasang di blog saya. Dan, saya lebih baik membagikan ilmu-ilmu yang saya punya dari pada saya melancarkan usaha marketing dan menggaet pembeli.
Masih ingat rumus repeat visitors? Pengunjung berulang adalah prosentase pengunjung baru yang kembali lagi. Bagaimana mereka mau kembali jika content blog anda dangkal, membosankan, bahkan tidak membawa manfaat. Sebanyak apapun pengunjung baru yang anda giring ke blog, ratusan, atau ribuan... semua dari mereka tidak akan kembali jika konversi repeat visitors anda 0%. Sekali lagi, kunci repeat visitor ada di content.
Orang yang sudah membeli produk saya mungkin tak akan kembali ke blog saya. Tapi, pembaca setia blog saya akan terus kembali pada saya. Meskipun hari ini dia tidak membeli produk saya, saya percaya di kemudian hari ia akan beli produk saya juga.
Kenapa? Semakin anda memberikan banyak ilmu pada seseorang, orang itu pasti semakin pintar. Dan orang yang pintar pasti selalu ingin belajar lebih banyak dan lebih banyak lagi. Dan hanya produk saya yang bisa menjawab keingintahuan mereka.
Targetkan Yang Besar, Lakukan Hal-Hal Yang Kecil
Seperti yang sering saya katakan, semua hal besar dimulai dari langkah-langkah kecil. Untuk mendapatkan gelombang traffic yang besar, anda harus memulainya dengan menarik sekumpulan traffic kecil. Ingat, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit? Anda cuma perlu kesabaran dan konsistensi. Setiap hari anda perlu punya fokus, apa saja yang harus dikerjakan hari ini? Sebisa mungkin ya lakukanlah dengan segera! Jangan menunggu segalanya sempurna dulu. Anda akan bisa membenahinya sambil jalan nanti.
Misal, anda segera lakukan:
1. Membuat blog dan mulai mengumpulkan bahan untuk membuat content yang bagus.
2. Berkomentar di blog lain.
3. Menjalin kerjasama dengan blogger lain, dsb.
Caranya ya seperti yang tadi saya bilang. Dari teman ke teman dulu. Yang penting ada orang lain yang tahu bahwa blog anda eksis. Lalu, gali blog anda lebih dalam. Apa sih yang blog anda punya sampai bisa memikat orang lain untuk datang? Siapa saja yang kira-kira tertarik dengan content anda? Mereka inilah yang punya minat lebih besar mendatangi blog anda dibanding orang lain. Lalu, bagaimana cara menghubungkan link blog anda dengan blog yang lain? Atau bahkan jika perlu, anda cari cara untuk menghubungkan blog anda dengan media-media online lain yang punya banyak traffic.
Bisa juga dengan cara mendaftarkan artikel blog anda ke ezine dan biarkan mereka menyebarluaskan content anda. Atau, cari kenalan seorang wartawan. Dan, yakinkan mereka bahwa anda perlu diwawancarai. Tentu untuk menuju poin ini anda harus punya sesuatu yang memang patut dipublikasikan. Intinya, buatlah diri anda terkenal. Gali caracara terbaik yang bisa membuat diri anda populer.
Hal-hal di atas mau tidak mau harus anda lakukan. Agar, anda punya fokus yang jelas dalam mengembangkan blog anda. Jika langkah awal ini sudah berhasil anda lakukan, saya sangat optimis anda bisa mendapat traffic yang anda mau. Strategi yang saya anjurkan ini biasnaya disebut viral marketing atau bahasa jawanya, gethok tular. Ya, words of mouth. Meski sebenarnya tak ada resep spesial untuk memiliki blog dengan traffic membludak. Yang terpenting anda sanggup untuk terus konsisten menulis content bagus dan merespon pengunjung-pengunjung anda.
Jalin Persahabatan
Saya di atas sudah jelaskan bahwa salah satu cara mempopulerkan blog adalah dengan menjalin simbiosis mutualisme dengan blogger yang sudah lebih dulu populer. Tidak bisa dipungkiri. Salah satu kunci kenapa blog saya bisa bertraffic tinggi adalah dengan menumpang kepopuleran blogger lain. Saya bekerja sama dengan si empunya blogger dengan memasang iklan di sana. Waktu itu saya berani pasang iklan karena saya sudah punya anggaran untuk iklan.
Nah, kalau anda belum memiliki anggaran untuk iklan, baiknya anda gunakan cara berikut ini untuk membuat blog anda terhubung dengan blog populer tersebut.
1. Kontak si empunya blog. Jalin persahabatan dan tawarkan kerja sama yang saling menguntungkan. Anda bisa cari apa saja yang dibutuhkan si blogger dan tawarkan. Lihat apakah si blogger tertarik untuk menanggapi anda? Apakah anda mendapat respon? Orang lebih suka membaca blog milik orang yang sudah mereka kenal. Ada unsur kedekatan yang merekatkan mereka dengan blog anda
2. Tautkan link artikel ke blog mereka. Jika anda ingin artikel anda mendapat link di blog mereka, anda juga harus membuat link di blog anda menuju artikel mereka.
Beritahukan pada mereka bahwa anda selalu tertarik membaca content mereka dan menambahkan link mereka di blog anda. Dan, biasanya blogger tertarik bertukar link dengan anda jika anda membuat content yang bisa menarik perhatian pengunjung mereka.
Meski kadang-kadang cara-cara di atas hanya bisa menghasilkan traffic melimpah di masa awal blog anda mulai online. Tapi saya kira itu cara yang baik untuk mengenalkan blog anda pada dunia. Selanjutnya jika anda tak ingin menjaga hubungan baik dengan blogger tadi, bisa saja kerja sama anda terputus di tengah jalan. Tapi, selama anda sudah bisa memperoleh target trafic anda sendiri, ini bukan masalah besar. Karena anda sudah bisa berdiri sendiri tanpa perlu bantuan orang lain, bukan?
Sebenarnya cara-cara di atas sudah sering dipraktekkan para blogger. Ya, terbilang teori klasik. Tapi itu terbukti sangat ampuh. Saya pun seing melakukannya. Kalau anda masih kurang puas dengan strategi di atas, anda bisa melakukannya dengan cara anda sendiri.
Misalnya:
1. Pasang saja link mereka di blog anda.
Jangan pedulikan reaksi mereka. Entah mereka akan memasang link balik terhadap artikel anda ataupun tidak, jangan khawatirkan itu dulu. Semakin anda sering memunculkan link mereka di artikel anda, anda akan tertangkap di ”radar” mereka. Mau tidak mau kalau anda sudah berbuat baik pada anda, mereka pasti akan melirik blog anda. Dan, mungkin mereka akan mempertimbangkan untuk memasang link anda di blog mereka. Apalagi jika anda memiliki content yang berharga untuk dihubungkan.
2. Perkenalkan diri anda melalui email .
Kirim email untuk blogger lain. Ingat, maksud anda mengirim email hanya untuk menjalin hubungan baik. Tidak untuk yang lain. Sapa mereka dan katakan bahwa anda menyukai content mereka. Katakan sejujurnya apa yang membuat anda tertarik dengan blog yang mereka punya.
Ini bisa jadi fondasi yang bagus untuk menjalin hubungan baik. Bahkan bukan cuma itu anda bisa bersahabat lebih jauh dari email yang sederhana ini. Jika sudah bersahabat, sangat mungkin selanjutnya kerja sama bisnis akan terjalin juga.
3. Kirimi email pada top blogger setelah anda membuat artikel yang benar-benar bagus.
Salah satu cara yang kerap digunakan para top blogger adalah mengabarkan pada blogger lain bahwa mereka telah menulis content yang bagus. Anda bisa meniru cara ini. Setelah anda yakin content anda memikat, segera kirim email pada top blogger. Terserah, siapa saja yang akan anda hubungi. Entah 5 blogger atau bahkan 30 blogger sekaligus. Jangan langsung meminta mereka untuk memberikan
link ke artikel anda. Biarkan saja mereka menilai apakah content anda benarbenar bagus dan patut dipajang di blog mereka atau tidak.
4. Wawancara
Salah satu trik paling berhasil dalam meraih traffic adalah dengan metode wawancara. Caranya, anda mewancarai para top blogger dan memajang hasil wawancara itu diblog anda sendiri. Tentunya orang-orang yang anda wawancara bukan asal top blogger. Tapi, pesohor blog yang berhubungan dengan tema blog dan content anda. Dalam wawancara ini anda bisa menggali poin-poin penting yang selama ini menjadi rahasia pribadi narasumber. Menariknya, anda bisa menyebarluaskan rahasia ini pada orang lain.
Siapa yang tidak tertarik dengan rahasia orang lain? Apalagi rahasia kesuksesan. Dengan cara ini pula anda bisa lebih mengakrabkan diri dengan para top blogger. Tidak ada ruginya berteman dengan orang terkenal, anda setuju? Yang ada justru kita lebih diuntungkan.
5. Wawancara podcast
Podcast secara teknis lebih menantang dari pada blogging. Karena yang anda posting bukan artikel atau bentuk tulisan tapi suara anda. Audio anda yang jadi andalan blog. Biasanya podcast berisi rekaman audio tutorial tentang suatu tema atau masalah tertentu. Nah, anda bisa memanfaatkan narasumber anda dan menampilkan hasil wawancara di blog anda.
Podcast jauh lebih meyakinkan daripada rekap wawancara. Karena pengunjung bisa langsung mendengar suara si top blogger. Mereka jadi lebih yakin pada anda karena podcast relatif lebih sedikit diedit daripada rekap hasil wawancara. Jadi yang anda tampilkan ya benar-benar apa adanya. Suara anda juga bisa ikut terdengar di podcast tersebut.
Well, segala cara baiknya anda coba untuk mendapatkan traffic yang melimpah. Dan, satu hal yang patut anda ingat, jika anda ingin diperhatikan orang lain, anda juga harus memperhatikan orang lain. Nah, cara-cara menjalin persahabatan yang saya terangkan di atas bisa jadi metode untuk meraih perhatian blogger lain. Terlebih jika anda menginginkan blog anda menghasilkan uang. Jangan sungkan bergaul dan gaet sebanyak mungkin teman online.
Memanfaatkan kepopuleran blog orang lain bukanlah barang aneh di dunia blogging. Anda sah-sah saja nebeng popularitas. Tidak ada aturan yang melarang. Apalagi jika anda blogger pemula. Bahkan, jika anda tidak berusaha membangun relasi dengan blogger dan tidak mau proaktif mencuri perhatian blogger lain, anda tak akan bisa mendapatkan traffic yang anda inginkan. Tidak ada orang yang bisa hidup sendiri. begitu pula dengan blog anda, tidak akan eksis tanpa kehadiran pengunjung, bukan?
Efek Kekuatan Jaringan
Persahabatan itu selamanya indah. Anda paham maksud saya? Begini, menjalin hubungan pertemanan dengan seseorang sudah pasti tak akan merugikan. Saya yakini hal itu selama teman-teman anda adalah orang-orang yang baik. Bukan orang yang suka menjerumuskan anda.
Teman bisa memberikan anda banyak hal. Dia bisa jadi tempat berbagi, dan anda tidak akan merasa sendirian dalam hidup anda. Pernah anda membayangkan hidup sendirian? Wah, hati-hati kalau anda bertekad untuk hidup seorang diri. Anda bisa kesepian. Dan, konon, rasa sepi itu bisa membunuh.
Nah, begitu juga dengan persahabatan online anda. Teman-teman blogger anda kadang memberikan lebih dari yang anda kira bisa mereka berikan. Mereka tidak membaca content anda dan berkomentar, tetapi juga merekomendasikan blog anda ke teman-tean mereka. Bagaimana jika anda punya banyak teman yang seperti itu? Pasti hasilnya akan luar biasa untuk blog anda.
Rekomendasi ini sangat penting bagi anda. Karena, rekomendasi dari seseorang yang sudah populer menunjukkan anda memiliki kredibilitas yang mumpuni. Hasilnya, anda akan mendapatkan perhatian bukan cuma dari satu orang, tapi ribuan orang.
Pada dasarnya, blogging adalah seni membangun jaringan. Seorang blogger yang sukses tidak hanya diukur dari seberapa besar ia memperoleh penghasilan dari usaha bloggingnya, tapi juga diukur dari seberapa banyak hits yang ia punya. Juga seberapa tinggi traffic yang berhasil ia kumpulkan. Yang nantinya otomatis traffic itu berpengaruh terhadap penghasilan yang diterima.
Baiklah... saya rasa anda sudah paham mengenai rumusan dasar traffic untuk blog. Kalau sudah mengerti, tak usah tunggu lama. Segera praktekkan! Agar anda bisa segera tahu hasilnya.
------------------------
Nah demikian tadi Berbagai Cara Menjaring Traffic Melimpah untuk Blog Anda. Semoga bermanfaat. Share artikel Berbagai Cara Menjaring Traffic Melimpah untuk Blog Anda ini ke teman blogger anda ya?
Sukses
Stop..!!. Bisnis Reseller Tanpa Modal, Produk Organik Alami Back to Nature, Potensi Jutaan Seminggu Pendaftaran Gratis Mau? SELENGKAPNYA KLIK DISINI
Berbagai Cara Menjaring Traffic Melimpah untuk Blog Anda
Reviewed by Adhin Busro
on
12.45
Rating:
Post a Comment